Wednesday, October 3, 2018

PADAHAL HAMPIR TIDAK ADA WAHABI YANG PAKAI SORBAN




Oleh Siswo Khusyudhanto
Kalau lihat foto ini jadi tersenyum, menertawakan kebodohan orang yang bikin gambar, karena tagnya Wahabi, tapi gambarnya lelaki bersorban, padahal dari pengalaman mengikuti puluhan kajian ilmu baik dari para ustadz yang kebanyakan lulusan Jazirah Arab, juga dengan para Syaikh dari berbagai negara mulai Palestina, Arab Saudi, Syria dan banyak dari negara lainnya, tak satupun Syaikh yang dijuluki Wahabi memakai sorban.
Setau saya yang pakai sorban adalah dari kalangan jamaah tabligh, FPI, kelompok thariqah dan cabang kelompok sufi, dan mereka hampir tidak pernah dijuluki orang dengan Wahabi.
Juga dari isi gambar dimana ada orang membentak orang lain dengan mengakatai syirik, Bid'ah, kafir sejujurnya mungkin didunia nyata tidak pernah terjadi, karena untuk memvonis orang lain bukan hak manusia, itu hak mutlak Allah Ta'ala. Yang disampaikan tentang bagaimana kafir, syirik dan bid'ah setau saya hanya dalam ruang lingkup kajian ilmu, dan itu juga didasarkan kepada hujjah dari Al-Qur'an dan Hadist, bukan menurutkan syahwat semata.
Jika didunia nyata ada orang membentak orang lain dengan syirik, kafir dan Bid'ah, mungkin itu orang yang tidak berilmu alias jahil.
Kesimpulannya gambar ini sarat akan fitnah yang diawali dari prasangka tampa mencari kebenaran atas hal tersebut.
Jadi teringat perkataan Ustadz Husein Yee, kata beliau, biasanya orang-orang yang berkata buruk tentang Wahabi sama sekali tidak pernah mempelajari kitab-kitab karya Syaikh Muhammad bin Abdul Wahhab, sebagaimana juga kebanyakan orang yang mengaku pengikut Imam Syafi'i namun kitabnya tidak pernah mereka pelajari, semua hanya modal prasangka Tampa didukung dengan kaidah ilmiah.
Waalahua'lam.
Bagi teman-teman yang masih suka berkata buruk tentang Wahabi, sebaiknya renungkan ayat berikut ini.
Allah berfirman,
يَاأَيُّهَا الَّذِينَ ءَامَنُوا إِن جَآءَكُمْ فَاسِقُُ بِنَبَإٍ فَتَبَيَّنُوا أَن تُصِيبُوا قَوْمًا بِجَهَالَةٍ فَتُصْبِحُوا عَلَى مَافَعَلْتُمْ نَادِمِينَ
“Hai orang-orang yang beriman, jika datang kepadamu orang fasik membawa suatu berita, maka periksalah dengan teliti, agar kamu tidak menimpakan suatu musibah kepada suatu kaum tanpa mengetahui keadaannya yang menyebabkan kamu menyesal atas perbuatanmu itu”. [Al Hujurat : 6].
Semoga bermanfaat

No comments:

Post a Comment