Wednesday, October 17, 2018

HATI-HATI TERHADAP FENOMENA "CHALLANGE"


Oleh Siswo Khusyudhanto
Ketika melihat disosial media banyak sekali bermunculan jenis "challange", hampir setiap bulan selalu muncul challange baru, ketika challange lama sudah bosan diikuti orang muncul lagi challenge lain yang lebih aneh, dan kebanyakan challenge-challange tersebut dipelopori oleh orang-orang kafir, sedihnya kemudian hal tersebut diikuti banyak orang yang statusnya seorang Muslim atau Muslimah, jadi teringat kajian seorang ustadz mengenai hadist tentang peringatan Nabi Muhammad Shalallahu alaihi wa sallam bahaya mengikuti trend orang kafir.
Nabi Muhammad Shalallahu alaihi wa sallam sudah memperingatkan bahaya tentang hal ini lebih dari 1400 tahun yang lalu, bahwa ada kecenderungan sebagian umat Muslim mengikuti trend kaum kafirin, mulai gaya hidup sehari-hari, sampai jenis perilaku yang aneh, bahkan trend yang sebelumnya jika dianggap perilaku kegilaan sekalipun, seperti halnya jika orang kafir punya trend masuk lubang dhob, alias kadal padang pasir, padahal jelas aneh dan sulit, karena lubang dhob sangat sempit, namun jika itu trendnya demikian maka akan banyak orang berusaha mengikutinya.
Padahal hukumnya adalah terlarang bagi seorang Muslim mengikuti trend yang terjadi dikalangan kaum kafirin, karena seorang Muslim punya gaya hidup dan trend sendiri yakni mengikuti perintah serta larangan yang datangnya dari Allah dan RasulNya, waalahua'lam.
Dari Abu Sa’id Al Khudri radhiyallahu ‘anhu, ia berkata bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,
لَتَتَّبِعُنَّ سَنَنَ الَّذِينَ مِنْ قَبْلِكُمْ شِبْرًا بِشِبْرٍ وَذِرَاعًا بِذِرَاعٍ حَتَّى لَوْ دَخَلُوا فِى جُحْرِ ضَبٍّ لاَتَّبَعْتُمُوهُمْ , قُلْنَا يَا رَسُولَ اللَّهِ آلْيَهُودَ وَالنَّصَارَى قَالَ : فَمَنْ
“Sungguh kalian akan mengikuti jalan orang-orang sebelum kalian sejengkal demi sejengkal dan sehasta demi sehasta sampai jika orang-orang yang kalian ikuti itu masuk ke lubang dhob (yang sempit sekalipun, -pen), pasti kalian pun akan mengikutinya.” Kami (para sahabat) berkata, “Wahai Rasulullah, apakah yang diikuti itu adalah Yahudi dan Nashrani?” Beliau menjawab, “Lantas siapa lagi?” (HR. Muslim no. 2669).
Ibnu Taimiyah menjelaskan, tidak diragukan lagi bahwa umat Islam ada yang kelak akan mengikuti jejak Yahudi dan Nashrani dalam sebagian perkara. Lihat Majmu’ Al Fatawa, 27: 286.
Sumber Referensi, "Mengikuti kebiasaan orang kafir", karya Ustadz Muhammad Abduh Tuasikal Msc di rumoysho.co

No comments:

Post a Comment