Monday, October 1, 2018

ISLAM DIMASA DEPAN DITENTUKAN HARI INI



Oleh Siswo Khusyudhanto
Saya paling semangat kalau diajak teman atau Ustadz untuk bikin halaqah Al-Qur'an bagi anak-anak, atau kegiatan dakwah yang berkaitan dengan anak-anak, karena ditengah arus paham hedonisme di negri kita, dimana orang dipacu untuk berlomba dalam menurutkan syahwat akan dunia, meraih harta dan jadi orang terkenal tampa memperhatikan caranya mau zalim atau tidak ada sebagian orang sangat perhatian kepada mengembangkan agama.
Seperti kita ketahui kita suatu hari akan mati, meninggalkan dunia ini, dan anak-anak adalah calon pengganti kita di masa depan, estafet agama ini akan diteruskan oleh mereka, ketika anak-anak dijaman ini jauh dari agama, jika hari ini agama anak-anak dijaman ini rusak makin rusaklah agama ini dimasa depan, dan sebaliknya jika agama anak-anak itu bagus maka makin baguslah agama ini dimasa depan.
Seperti dituturkan oleh Ustadz Syafiq Reza Basalamah, " kerusakan generasi sekarang adalah akibat kesalahan pendidikan dimasa lalu, dan rusak tidaknya agama dimasa depan adalah ditentukan pendidikan agama pada jaman sekarang ini."
Rasûlullâh Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:
يَا غُلَامُ ! إِنِّي أُعَلِّمُكَ كَلِمَاتٍ : اِحْفَظِ اللهَ يَحْفَظْكَ ، اِحْفَظِ اللهَ تَجِدْهُ تُجَاهَكَ ، إِذَا سَأَلْتَ فَاسْأَلِ اللهَ ، وَإِذَا اسْتَعَنْتَ فَاسْتَـعِنْ بِاللهِ. وَاعْلَمْ أَنَّ الْأُمَّةَ لَوِاجْتَمَعَتْ عَلىَ أَنْ يَنْفَعُوكَ بِشَيْءٍ ؛ لَمْ يَنْفَعُوْكَ إِلَّا بِشَيْءٍ قَدْ كَتَبَهُ اللهُ لَكَ، وَ إِنِ اجْتَمَعُوْا عَلَى أَنْ يَضُرُّوْكَ بِشَيْءٍ ؛ لَمْ يَضُرُّوْكَ إِلَّا بِشَيْءٍ قَدْ كَتَبَهُ اللهُ عَلَيْكَ ، رُفِعَتِ الْأَقْلَامُ وَجَفَّتِ الصُّحُفُ». رَوَاهُ التِّرْمِذِيُّ ، وَقَالَ : حَدِيْثٌ حَسَنٌ صَحِيِحٌ. وَفِي رِوَايَةٍ غَيْرِ التِّرْمِذِيِّ : «اِحْفَظِ اللهَ تَجِدْهُ أَمَامَكَ ، تَعَرَّفْ إِلَى اللهِ فِي الرَّخَاءِ يَعْرِفْكَ فِي الشِّدَّ ةِ. وَاعْلَمْ أَنَّ مَاأَخْطَأَكَ ؛ لَمْ يَكُنْ لِيُصِيْبَكَ ، وَمَا أَصَابَكَ ؛ لَمْ يَكُنْ لِيُخْطِئَكَ ، وَاعْلَمْ أَنَّ النَّصْرَ مَعَ الصَّبْرِ، وَأَنَّ الْفَرَجَ مَعَ الكَرْبِ ، وَأَنَّ مَعَ الْعُسْرِ يُسْرًا
“Wahai anak, aku akan mengajarkan kepadamu beberapa patah kata. Jagalah (agama) Allâh, niscaya Allâh akan menjagamu. Jagalah (ketentuan) Allâh, niscaya akan engkau dapati Allâh ada di hadapanmu. Jika engkau memohon pertolongan, maka mohonlah pertolongan hanya kepada Allâh, dan jika engkau meminta, maka mintalah kepada Allah. Ketahuilah!. Andaikata seluruh umat berhimpun untuk memberikan sesuatu yang bermanfaat bagimu, maka mereka tidak akan mampu memberikan manfaat apapun, kecuali sesuatu yang telah Allâh tetapkan untukmu. Dan jika mereka berhimpun untuk menimpakan suatu malapetaka padamu, mereka tidak akan mampu melakukannya sedikit pun kecuali menurut sesuatu yang telah Allâh tetapkan bagimu. Pena-pena takdir telah diangkat dan lembaran-lembaran catatan takdir telah kering”. [HR. At-Tirmidzi. Hadits hasan. Lihat Shahîh Sunan at-Tirmidzi no.2516]
Sumber Referensi, "Rumah dan pentingnya pendidikan umat", karya Ustadz Ahmas Faiz Asifuddin, MA. Di almanhaj.or.id
Foto Kegiatan Halaqah Anak Desa Karya Indah dan Santri Pondok Pesantren Yatim Piatu dan Fakir Miskin, Al Markiz, Lipat Kain, Kampar, Riau.

No comments:

Post a Comment