Tuesday, October 16, 2018

NASEHAT BAGI TEMAN YANG SUKA POSTING PERKARA AGAMA


Oleh Siswo Khusyudhanto
Bagi teman-teman yang suka menulis postingan perihal agama saran dari saya, adalah banyak belajar, banyak membaca kitab dan seringlah bertanya kepada orang yang lebih berilmu.
Setiap kali akan mengirim posting ke sosial media, saya biasakan membaca artikel satu atau dua artikel dari para ustadz dan Syaikh berkaitan dengan apa yang kita posting, dengan demikian kita sudah siap berhujjah ketika ada sanggahan atau kritik atas apa yang kita posting. Dalam artian kita paham benar akan postingan kita sendiri, yang banyak mengundang debat dan hujatan adalah ketika ada seseorang memposting sesuatu tapi masih "mengkal" atau bahkan "mentah", dia tidak paham apa yang dia posting, akhirnya mengundang orang untuk berdebat dan menghujatnya.
Yang paling penting sering-sering bertanya kepada orang yang lebih berilmu tentang postingan kita semisal kepada para ustadz, hal ini perlu kita lakukan agar selalu ada perbaikan pada postingan kita, yang banyak terjadi dalam kebanyakan postingan yang ada kadang dari materinya yang kurang pas, pemdalilannya kurang tepat atau soal adab menyampaikan.
Semua itu perlu kita lakukan untuk menghindari kesalahan fatal dan mudharat besar akibat postingan kita, dan kesalahan penyampaian dalam perkara agama dapat mendatangkan dosa besar untuk pelakunya.
Semoga tulisan ini bermanfaat terutama bagi saya juga teman-teman yang membacanya. Aamiin.
Allah subhanahu wa ta’ala berfirman,
فَسۡ‍َٔلُوٓاْ أَهۡلَ ٱلذِّكۡرِ إِن كُنتُمۡ لَا تَعۡلَمُونَ
“… maka bertanyalah kepada orang yang mempunyai pengetahuan jika kalian tidak mengetahui.” (an-Nahl: 43)

No comments:

Post a Comment