Sunday, May 20, 2018

SALAH SATU PENYEBAB KITA ISTIQOMAH ADALAH PUNYA TEMAN YANG MENDUKUNG.


Oleh Siswo Kusyudhanto
Tadi shalat terawih sebelah saya ada dua orang yang shalat berjamaah, satunya dengan lainnya sangat kontras dari penampilan, satunya gamis dan berjenggot, satunya pakai jeans dan kemeja lengan pendek, setelah shalat isya' yang pakai celana jeans bertanya kepada yang berbaju gamis, "setelah ini apa yaa?", yang ditanya menjawab, "Shalat sunnah dua rakaat", lalu lelaki bercelana jeans berdiri dan mengerjakan shalat dua rakaat, masyaAllah, jadi terharu, baru paham ternyata lelaki yang berbaju gamis berteman dengan lelaki yang pakai jeans, dan mungkin baru pertama kali ini lelaki berbaju gamis mengajak temannya yang mungkin masih awam ke Masjid Raudhatul Jannah Pekanbaru, sehingga setiap kali memberi tau apa yang harus dilakukan temannya itu, sangat menyenangkan punya teman yang mengajak kepada ketaatan.
Jadi ingat beberapa tahun lampau Ustadz Abu Zubair Hawaary pernah membahas tips agar istiqomah dalam amal ibadah, beliau mengatakan, "carilah teman yang selalu mengajak kita kepada ketaatan beramal ibadah, dan jauhilah teman yang jika bergaul dengannya mendorong kita kepada perbuatan maksiat, insyaallah dengan demikian membantu kita untuk selalu Istiqomah dalam beramal ibadah."
Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda :
الرَّجُلُ عَلَى دِينِ خَلِيلِهِ فَلْيَنْظُرْ أَحَدُكُمْ مَنْ يُخَالِلُ
Seseorang itu tergantung pada agama temannya. Oleh karena itu, salah satu di antara kalian hendaknya memperhatikan siapa yang dia jadikan teman (HR Abu Dâwud no. 4833 dan at-Tirmidzi no. 2378.) ( juga dalam ash-Shahîhah no. 927)
Sumber referensi almanhaj.or.id

No comments:

Post a Comment