Wednesday, May 23, 2018

SABAR UNLIMITED, INSYAALLAH.


Oleh Siswo Kusyudhanto
Kalau baca kisah-kisah para ulama salaf kita akan dibuat terkagum-kagum, bagaimana ketaatan mereka, keimanan mereka bahkan semangat mereka dalam belajar ilmu agama dan mengamalkannya. 
Salah satu adalah banyaknya kisah hebat soal kesabaran, para ulama besar sangat bersabar dalam kehidupan sehari-hari karena tingkatan mereka memahami sabar sudah tingkatan amalan, bukan sebatas teori semata, mereka menganggap sabar adalah merupakan ibadah, dengan demikian bagi mereka tentu tidak ada batasan untuk bersabar.
Seperti dituturkan oleh Ustadz Abdullah Zein MA., beliau menyebutkan, "kaidahnya ibadah adalah tidak ada batasnya, dan salah satu bentuk ibadah yang disyariatkan dalam agama kita adalah bersabar, maka sebuah kekeliruan ketika ada seseorang mengatakan sabar ada batasnya, karena sebenarnya sabar itu tidak ada batasnya, karena sabar adalah ibadah. Dan salah satu ciri penghuni surga diantaranya adalah orang yang bersabar, maka bersabarlah dan itu salah satu jalan menuju tempat di surga "
Allah Ta’ala dalam Firman-Nya.
وَلَنَجْزِيَنَّ الَّذِينَ صَبَرُوا أَجْرَهُم بِأَحْسَنِ مَا كَانُوا يَعْمَلُونَ
“Dan, sesungguhnya Kami akan memberi balasan kepada orang-orang yang sabar dengan pahala yang lebih baik dari apa yang mereka kerjakan”. [An-Nahl : 96]
نَّمَا يُوَفَّى الصَّابِرُونَ أَجْرَهُم بِغَيْرِ حِسَابٍ
“Sesungguhnya hanya orang-orang yang bersabarlah yang dicukupkan pahala mereka tanpa batas”. [Az-Zumar : 10]

No comments:

Post a Comment