Wednesday, February 15, 2017

Kita masuk golongan akhlak manusia yang mana?


Menurut konteks akhlak ada beberapa golongan manusia didasari atas akhlak dirinya kepada Allah dan RasulNya, juga akhlak kepada sesama manusia.
Golongan pertama seseorang yang akhlaknya bagus kepada Allah dan RasulNya, namun akhlaknya buruk kepada sesama manusia. Shalat wajib dan shalat sunnahnya sangat bagus, puasanya bagus, sedekahnya bagus, bacaan Alquran nya sangat bagus, amalan wajib maupun sunnah hampir semua dikerjakan, namun dia suka mengghibah(gossip), namimah(adu domba), sering berteru dengan tetangganya, sering berselisih dengan temannya bahkan juga saudaranya dan orang tuanya.
Golongan kedua, akhlaknya kepada sesama manusia sangat bagus, sopan dan santun dalam pergaulan, disukai oleh banyak orang karena kebaikan akhlaknya. Namun akhlak kepada Allah dan Rasulnya buruk, jarang shalat, hampir gak pernah puasa, gak pernah mengeluarkan zakat, dia suka pergi ke dukun, percaya benda yang bertuah, percaya ramalan dst.
Golongan ketiga, ini golongan yang terburuk, dia buruk akhlaknya kepada Allah dan RasulNya sekaligus buruk akhlaknya kepada sesama manusia. Shalat gak pernah, puasa gak pernah, sedekah gak pernah, suka pergi ke dukun, mencari berkah ke kuburan dst., juga suka bertengkar dengan orang lain, suka memalak orang, suka mengambil hak orang lain, mencari rizki dari cara riba dan seterusnya.
Golongan keempat, adalah golongan yang terbaik yakni baik akhlaknya kepada Allah dan RasulNya sekaligus baik akhlaknya kepada sesama manusia. Yakni seseorang yang tertib shalat wajib maupun shalat sunnah, rajin puasa, rajin sedekah, menjauhi perkara syirik dan syubhat dst., dia juga baik kepada orang lain mulai tetangganya, baik kepada saudara serta orang tuanya, disukai banyak orang karena kebaikan akhlaknya.
Maka jadilah manusia yang masuk golongan keempat ini, insyaAllah itu menyelamatkan kita didunia dan akhirat, waallahua'lam.

Dalam sebuah riwayat disebutkan:
سُئِلَ رَسُوْلُ اللهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ عَنْ أَكْثَرِ مَا يُدْخِلُ النّاَسَ الْجَنَّةَ؟ فَقَالَ: تَقْوَى اللهِ وَحُسْنُ الْخُلُقِ، وَسُئِلَ عَنْ أَكْثَرِ مَا يُدْخِلُ النَّاسَ النَّارَ؟ فَقَالَ: الْفَمُ وَالْفَرْجُ.
Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam ditanya tentang kebanyakan yang menyebabkan manusia masuk Surga, maka beliau menjawab, “Takwa kepada Allah dan akhlak yang baik.” Dan ketika ditanya tentang kebanyakan yang menyebabkan manusia masuk Neraka, maka beliau Shallallahu ‘alaihi wa sallam menjawab, “Mulut dan kemaluan.”
- HR. At-Tirmidzi (no. 2004), al-Bukhari dalam Adabul Mufrad (no. 289), Shahih Adabul Mufrad (no. 222), Ibnu Majah (no. 4246), Ahmad (II/291, 392, 442), Ibnu Hibban dalam at-Ta’liiqaatul Hisaan ‘alaa Shahiih Ibni Hibban (no. 476), al-Hakim (IV/324). At-Tirmidzi ber-kata, “Hadits ini shahih gharib.” Dari Shahabat Abu Hurairah Radhiyallahu anhu.-
Dikutip dr Ustadz DR.Ali Semjan Putra MA.

No comments:

Post a Comment