Sunday, February 26, 2017

Hati-hati mengambil aplikasi dari playstore!



Di imbox saya ada teman bertanya tentang kebenaran anjuran membaca Surat Yasin untuk orang mati di Tafsir Ibnu Katsir yang diambilnya dari playstore, jelas ini agak menyimpang dari Kitab Tafsir Ibnu Katsir aslinya, karena dalam kitab aslinya tidak ada disebut anjuran demikian.
Ustadz Yazid bin Abdul Qodir dalam sebuah kajian beliau menyebut hadist anjuran membaca Surat Yasin didasari hadist lemah yang tidak cukup menjadi dasar untuk beramal.
Hadist yang dimaksud adalah.

مَنْ قَرَأَ يَس فِيْ لَيْلَةٍ ابْتِغَاءَ وَجْهِ اللهِ غُفِرَ لَهُ مَا تَقَدَّمَ مِنْ ذَنْبِهِ فَاقْرَؤُوْهَا عِنْدَ مَوْتَاكُمْ.
“Barangsiapa membaca surat Yaasiin karena mencari keridhaan Allah Ta’ala, maka Allah akan mengampunkan dosa-dosanya yang telah lalu. Oleh karena itu, bacakanlah surat itu untuk orang yang akan mati di antara kalian.”
[HR. Al-Baihaqi dalam kitabnya, Syu’abul Iman]
Keterangan: HADITS INI (ضَعِيْفٌ) LEMAH
Lihat Dha’if Jami’ush Shaghir (no. 5785) dan Misykatul Mashaabih (no. 2178)
Maka saya ingatkan teman2 agar berhati-hati mengambil aplikasi dari playstore, atau sedapat mungkin membeli kitab tafsir aslinya dari penerbit yang terpercaya, insyaAllah itu menjaga kita dari salah dalam memahami syariat agama.

No comments:

Post a Comment