Tuesday, February 7, 2017

Bahaya riba sangalah nyata!!!


Kemarin sore tetangga tiba2 pindah, ketika pamit kepada saya dia beralasan pindah karena ingin menemani orang tuanya yang sudah tua, namun setelah beberapa tetangga cerita baru paham, dia pindah karena rumahnya diambil oleh rentenir karena tidak mampu membayar hutang-hutangnya, gimana mampu bayar karena hutang piutangnya menerapkan bunga 46, artinya pinjam 4 bagian dan wajib melunasinya dengan 6 bagian, misal pinjam 4 juta mengembalikan 6 juta, subhanaallah. Ini bukti betapa riba adalah cara mengais penghasilan paling zalim dari semua cara manusia dalam mencari penghasilan dimuka bumi.
Mungkin menurut sebagian orang bahaya riba iti seperti fiksi, namun bagi korban yang terjerat riba, bahayanya sungguh nyata.

Jadi ingat perkataan Ustadz Erwandi Tarmidzi, "riba itu mutlak haram hukumnya, mau seribu perak atau satu milyar tetap haram, maka jauhi perkara riba sekecil apapun juga agar kita selamat."
Allah ta’ala berfirman,
“Hai orang-orang yang beriman, janganlah kamu memakan riba dengan berlipat ganda dan bertakwalah kamu kepada Allah supaya kamu mendapat keberuntungan. Peliharalah dirimu dari api neraka, yang disediakan untuk orang-orang yang kafir.” (Qs. Ali Imron [3]: 130)

No comments:

Post a Comment