Saturday, December 29, 2018

NASEHAT DAPAT MELALUI BANYAK JALAN



Oleh Siswo kusyudhanto

Ada teman asal Indonesia di Amerika pesan fladisk kajian para ustadz pemateri kajian Sunnah, dan sudah saya kirim kesana. Pada suatu hari dia berjalan dimobilnya menuju tempat kerja dan mendengarkan kajian yang di bawakan oleh Ustadz Maududi Abdullah tentang kampung akhirat, yang sarat nasehat tentang tujuan sebenarnya manusia selama hidup adalah berusaha meraih kedududkan terbaik di akhirat yakni surga.
Rupanya ada beberapa kata dari Ustadz Maududi Abdullah yang sangat menyentuh teman saya itu sehingga membuatnya menangis, air matanya membasahi pipinya sambil terus menyetir mobilnya.
Maklum dia pergi merantau jauh ke Amerika serikat untuk mengejar dunia, berburu dollar, , padahal banyak resiko yang dia tempuh, sementara tujuan hidup seorang Muslim yang sebenarnya adalah Akhirat, yakni surga.

Dari mendengar kajian itu dia banyak mendapatkan ilmu yang sarat nasehat dan berbersumber dari Al-Qur'an dan hadist.
Agama adalah sarat dengan nasehat namun ada sebagian orang yang ketika dinasehati meskipun dengan dalil sahhih sekalipun justru malah ingkar dan menyangkalnya, orang-orang seperti ini mungkin masuk orang-orang yang banyak melakukan pembenaran atas perbuatan dan tindakannya.

Sebaliknya orang-orang yang mencari kebenaran dia akan menerima nasehat dari manapun datangnya asal disertai dalil sahhih dari Al-Qur'an dan hadist sahhih.
Wa'alahua'lam.

Semoga kita termasuk orang-orang yang mencari kebenaran, bukan pembenaran, aamiin.


عن أبي رقية تميم بن أوس الداري رضي الله عنه, أن النبي صلى الله عليه وسلم قال: «الدِّيْنُ النَّصِيْحَةُ» قلنا: لمن؟ قال: «لله, ولكتابه, ولرسوله, لأئمة المسلمين وعامتهم». رواه مسلم

Dari Abu Ruqayyah Tamim bin Aus ad-Daary radhiyallahu ‘anhu, bahwasanya Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Agama itu nasihat”. Kami pun bertanya, “Hak siapa (nasihat itu)?”. Beliau menjawab, “Nasihat itu adalah hak Allah, kitab-Nya, Rasul-Nya, pemerintah kaum muslimin dan rakyatnya (kaum muslimin)”. (HR. Muslim)

Derajat Hadits:

Shahih, diriwayatkan oleh Imam Muslim dalam kitab Shahihnya, hadits no. 55 dan no. 95.

Sumber Referensi, "Agama adalah Nasehat", karya Ustadz Abdullah Zein MA. di web Muslim.or

No comments:

Post a Comment