Wednesday, December 12, 2018

HANYA DEKAT DENGAN ALLAH AZZA WA JALLA DERAJAT KITA JADI TINGGI


Oleh Siswo Kusyudhanto
Dalam sebuah kajian Ustadz Ali Ahmad bin Umar menyebutkan, jika seseorang kenal akrab dengan Ketua RT maka derajatnya naik sedikit dimata banyak orang, jika seseorang dekat sekali dengan seorang Camat maka akan naik derajatnya beberapa kali dimata banyak orang, apalagi kalau ada orang sangat dekat dengan presiden pasti banyak orang menilainya dia dalam posisi derajat yang lebih tinggi dari kebanyakan orang, dan tentu saja dia akan disegani.
 Dari semua itu tidak ada yang mengalahkan ketinggian derajat ketika seseorang dekat dengan Allah Azza Wa Jalla, karena Allah Azza Wa Jalla adalah dzat paling tinggi, Maha tinggi dari semua makhluk yang ada, dan cara dekat dengan Allah Azza Wa Jalla tidak ada lain dengan belajar Tauhid, mengenal Allah Azza Wa Jalla, kemudian beriman dan bertakwa kepadaNya dan melakukan amal ibadah sesuai perintah Allah Azza Wa Jalla. Walahua'lam.
Kewajiban pertama bagi seorang hamba ialah ma’rifatullah, yaitu mengenal keesaan Allah dalam uluhiyah (peribadatan). Ketika Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam mengutus Mu’adz radhiyallahu ‘anhu ke Yaman, beliau bersabda kepadanya,
إِنَّكَ تَقْدَمُ عَلَى قَوْمٍ أَهْلِ كِتَابٍ، فَلْيَكُنْ أَوَّلَ مَا تَدْعُوهُمْ إِلَيْهِ عِبَادَةُ اللَّهِ، فَإِذَا عَرَفُوا اللَّهَ . . .
Engkau akan mendatangi sekelompok orang dari ahli kitab. Maka hendaklah perkara yang pertama kali engkau serukan kepada mereka ialah beribadah kepada Allah. Jika mereka telah mengenal Allah …. (kemudian beliau menyebutkan kewajiban-kewajiban lainnya -pent). (HR. Bukhari no.1458 dan Muslim no.31)
Dalam lafadz yang lain :
فادعهم إلى أن يوحدوا الله. فإذا عرفوا الله ….
Maka serulah mereka supaya men-tauhid-kan (mengesakan) Allah. Jika mereka telah mengenal Allah … (HR. Bukhari no.7372)
Dalam lafadz yang lain :
فَادْعُهُمْ إِلَى أَنْ يَشْهَدُوا أَنْ لاَ إِلَهَ إِلَّا اللَّهُ، وَأَنَّ مُحَمَّدًا رَسُولُ اللَّهِ، فَإِنْ هُمْ أَطَاعُوا لَكَ بِذَلِكَ….
Maka serulah mereka supaya bersaksi bahwsanya tiada sesembahan yang benar selain Allah, dan Muhammad adalah utusan Allah. Jika mereka telah mentaati hal itu …. (HR. Bukhari no.1395, dan Muslim no.29)
Sumber Referensi"Urgensi Mengenal Allah", karya Prasetyo Abu Ka'ab di muslim.or.id

No comments:

Post a Comment