Saturday, December 29, 2018

AKIBAT SALAH NIAT


Oleh Siswo Kusyudhanto
Ada seorang ustadz menyampaikan ke jamaahnya tetnang pentingnya sedekah, dan setiap sedekah akan dibalas oleh Allah Azza Wa jalla dengan nilai yang lebih besar.
Salah satu jamaah jadi tertarik untuk bersedekah secara rutin, dia sedekah 1000 rupiah, tak lama dia mendapat rizki tak disangka-sangka mendapat uang 100 ribu dari temannya.
Kejadian ini tentu membuatnya makin semangat sedekah, esoknya dia sedekah 100 ribu, dan tak mlama tampa disangka-sangka datang temannya memberikan uang sebanyak satu juta rupiah.
Karena mengalami hal demikian makin yakin perkataan si ustadz itu, saking semangatnya dia pinjam 100 juta dan disedekahkan dengan harapan mendapatkan rizki tidak disangka-sangka sebanyak 1 milyar rupiah, namun setelah sedekah sebanyak 100 juta rupiah dan nunggu lama tak kunjung juga dia mendapatkan satu milyar rupiah, dan dia malah ahrus membayar hutangnya 100 juta rupiah.
Demikianlah ilustrasi ketika seseorang beramal mengharapkan selain ridho Allah Azza Wa Jalla, bukan apa yang diinginkan yang dia dapat justru malah musibah yang dia dapatkan. Waalahua'lam.
Allah Subhanahu wa Ta’ala berfirman:
مَن كَانَ يُرِيدُ الْحَيَاةَ الدُّنْيَا وَزِينَتَهَا نُوَفِّ إِلَيْهِمْ أَعْمَالَهُمْ فِيهَا وَهُمْ فِيهَا لاَيُبْخَسُونَ أُوْلَئِكَ الَّذِينَ لَيْسَ لَهُمْ فِي اْلأَخِرَةِ إِلاَّ النَّارَ وَحَبِطَ مَاصَنَعُوا فِيهَا وَبَاطِلٌ مَّاكَانُوا يَعْمَلُونَ
Barangsiapa yang menghendaki kehidupan dunia dan perhiasannya, niscaya Kami berikan kepada mereka balasan pekerjaan mereka di dunia dengan sempurna, dan mereka di dunia tidak dirugikan. Itulah orang-orang yang tidak memperoleh di akhirat kecuali neraka, dan lenyaplah di akhirat itu apa yang telah mereka usahakan di dunia, dan sia-sialah apa yang telah mereka kerjakan. [Hud : 15-16].

No comments:

Post a Comment