Saturday, December 22, 2018

KEKUATAN UMAT MUSLIM DI INDONESIA SEBENARNYA BERAPA ORANG ???


Oleh Siswo Kusyudhanto
Berdasarkan data yang dilansir oleh The Pew Forum on Religion & Public Life, penganut agama Islam di Indonesia sebesar 209,1 juta jiwa atau 87,2 persen dari total penduduk. Jumlah itu merupakan 13,1 persen dari seluruh umat muslim di dunia.(th.2016).
Cuma kalau kita survei lebih detail berkaitan dengan amal ibadah seperti disebutkan jumlah 209,1 juta jiwa itu nampak besar sekali jumlahnya, namun sebenarnya akan sangat kecil, gak percaya?.
Disebutkan dalam sebuah survey nasional bahwa hanya sekitar 17 % penduduk Muslim saja yang tertib melakukan shalat fardhu berjamaah di masjid dan musholla selama lima kali sehari.
Artinya cuma 35 juta orang Muslim saja yang aktif shalat fardhu, sisanya kebanyakan hanya shalat seminggu sekali alias shalat Jum'at atau setahun sekali alias shalat ied.
Dari sekian itu kalau disurvei lebih detail lagi semisal apakah mereka memahami ilmu tafsir dari bacaan saat shalat?, Maka jumlahnya sangat kecil lagi.
Atau pertanyaan yang lebih mendalam lagi soal agama dan disurvei seperti ilmu fikih dan hadist maka mungkin kekuatan Umat Islam yang kita ketahui di Indonesia tinggal beberapa gelintir orang saja.
Subhanallah.
Menjadi pekerjaan besar bagi Umat Islam di Indonesia membangun kekuatan dengan jalan Istiqomah di atas ketaatan kepada Allah dan RasulNya. Insyaallah.

No comments:

Post a Comment