Sunday, September 10, 2017

Ujian membawa nikmat

Nasehat bagi mereka yang tertimpa ujian

Oleh Siswo Kusyudhanto

Dalam salah satu kajiannya Ustadz Subhan Bawazier mengatakan, " ketika ujian datang ketahuilah itu adalah cara Allah untuk mendewasakan umatnya, pasti selalu ada hikmah dibalik ujian yang diberikan kepada seseorang, mungkin dengan ujian itu dia menjadi lebih sabar dan lebih bijak dalam menyikapi masalah yang dia hadapi. Bersabarlah ketika menghadapi ujian, karena tidak ada keadaan musibah terus menerus, atau sebaliknya tidak ada hidup enak terus menerus, dalam perjalanan hidup seseorang pasti menjumpainya secara bergantian.
Setelah datangnya ujian pasti ada nikmat luar biasa setelahnya, ibarat kalau antum minum segelas air dalam keadaan tidak berpuasa, maka segelas air itu seperti hal yang sepele, sesuatu yang biasa saja, lain halnya ketika antum dalam keadaan berpuasa, seharian menahan haus dan lapar, bertahan tetap berpuasa setelah melewati hari yang panas, ketika menjelang senja dan berbuka puasa ketika meminum segelas air maka akan terasa luar biasa nikmatnya, demikian juga dengan ujian, ketika seseorang dapat bersikap bijak dan bersabar ketika menghadapi ujian akan terasa nikmat luar biasa setelahnya, dan ketika menghadapi ujian serupa dikemudian hari akan terasa ringan baginya".

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

واعلم أن النصر مع الصبر ، وأن الفرج مع الكرب ، وأن مع العسر يسرا

“Dan ketahuilah, sesungguhnya kemenangan itu beriringan dengan kesabaran. Jalan keluar beriringan dengan kesukaran. Dan sesudah kesulitan itu akan datang kemudahan.” (Hadits riwayat Abdu bin Humaid di dalam Musnad-nya dengan nomor 636, Ad Durrah As Salafiyyah hal. 148)

Sumber referensi"secercah cahaya ditengah gelap", karya Ari Wahyudi Msi., Di muslim.or.id

No comments:

Post a Comment