Friday, September 22, 2017

Jangan lihat dengan aneh

Jangan lihat dengan aneh orang yang baru ngaji !

Oleh Siswo Kusyudhanto

Beberapa waktu yang lalu saya duduk dihalaman Masjid Raudhatul Jannah menunggu seorang teman, saat itu ada kajian Ustadz Abu Qotadah yang dikhususkan bagi Muslimah, nampak banyak akhwat masuk masjid, dari sekian banyak yang hadir tidak semua berpakaian sesuai kaidah syariat menunjukkan mereka baru kenal Dakwah Sunnah, banyak diantaranya masih memakai jilbab hanya dibagian kepala, bahkan ada yang menggunakan jeans, MasyaAllah.
Jadi ingat kajian Ustadz Abdullah Zein, beliau mengatakan," Jangan melihat aneh orang yang hadir di kajian ilmu karena penampilan mereka yang tidak syar'i, mereka yang baru kenal Dakwah ini mungkin juga perlu proses menuju penampilan yang sesuai standartnya syar'i, sama dengan kita dulu, kita juga perlu proses untuk berubah, jenggot saja perlu tumbuh berminggu-minggu, apalagi pemahaman seseorang akan agama, perlu waktu untuk mencapai pemahaman yang benar. Maka jangan sekali-kali melihat aneh dan asing kepada yang baru mengaji agar mereka mereka merasa nyaman didalam menuntut ilmu syar'i."

Allah Ta’ala berfirman,
وَاللَّهُ أَخْرَجَكُمْ مِنْ بُطُونِ أُمَّهَاتِكُمْ لَا تَعْلَمُونَ شَيْئًا
“Dan Allah mengeluarkan kamu dari perut ibumu dalam keadaan tidak mengetahui sesuatupun” (QS. An Nahl [16] : 78)
Allah juga mengatakan kepada Nabi-Nya shallallahu ‘alaihi wa sallam,
وَوَجَدَكَ ضَالًّا فَهَدَى
“Dan Dia mendapatimu sebagai seorang yang sesat , lalu Dia memberikan petunjuk.” (QS. Adh Dhuha [93] : 7). Dan yang dimaksudkan adalah ‘Dia mendapatimu dalam keadaan tidak mengetahui apa yang dia ajarkan dari Al Kitab dan Al Hikmah (kecuali dengan petunjuk-Nya, pen).

Sumber referensi"Setiap Hamba dalam keadaan tidak tau arah", oleh Ustadz Muhammad Abduh Tuasikal MSc. Di rumoysho.co

No comments:

Post a Comment