Thursday, September 14, 2017

Awas penyakit munafik dimulai dari merasa aman dari pandangan Allah.


Oleh Siswo Kusyudhanto
Dalam sebuah kajian Ustadz Maududi Abdullah mengatakan, " mungkin suatu saat terjadi seseorang merasa aman dari pandangan manusia, kemudian dia melakukan sebuah kemaksiatan, padahal apa yang dia sedang lakukan tidak aman dari pandangan Allah. Ketahuilah hal seperti ini adalah salah satu ciri atau tanda penyakit munafik pada diri seseorang, dia dalam dzahirnya memuji Allah namun sebaliknya dalam hatinya mencaci maki Allah. Dan balasan bagi orang-orang munafik adalah lebih buruk daripada orang kafir, sebagaimana disebut dalam firmanNya mereka ditempatkan di dasar neraka. Karena apa yang dilakukan orang munafik jauh lebih berbahaya dari apa yang dilakukan orang kafir, karena jika orang kafir dengan nyata terlihat dari dzahir mereka memusuhi Islam namun orang munafik secara dzahir mereka Muslim tetapi dalam hatinya memerangi Islam, hal ini tentu menyulitkan bagi umat Muslim melihat bahaya yang mereka bawa, Waallahua'lam. Maka selalu pahamilah bahwa Allah selalu mengawasi dimanapun dan kapanpun kita berada sehingga terselamatkan dari penyakit munafik ini".
seperti ayat-ayat berikut:
{واعلموا أن الله يعلم ما في أنفسكم فاحذروه}
“Dan ketahuilah bahwasanya Allah mengetahui apa yang ada dalam hatimu, maka takutlah kepada-Nya” (QS al-Baqarah:235).
{يستخفون من الناس ولا يستخفون من الله وهو معهم إذ يبيتون ما لا يرضى من القول، وكان الله بما يعملون محيطاً}
“Mereka bersembunyi dari manusia, tetapi mereka tidak bersembunyi dari Allah, padahal Allah beserta mereka, ketika pada suatu malam mereka menetapkan keputusan rahasia yang Allah tidak ridhai. Dan adalah Allah Maha Meliputi (ilmu-Nya) terhadap apa yang mereka kerjakan” (QS an-Nisaa’:108).
{يعلم خائنةَ الأَعْيُنِ وما تُخْفِي الصُدور}
“Dia mengetahui (pandangan) mata yang khianat dan apa yang disembunyikan dalam hati” (QS al-Mu’min:19).
Firman Allah mengenai bahaya dan Ancaman bagi pelaku munafik, salah satunya dijelaskan oleh Allah dalm firmannya :
" Sesungguhnya orang-orang munafik itu ( ditempatkan ) pada tingkatan neraka paling bawah. Dan kamu sekali-kali tidak akan mendapat pertolongan dari siapapun ( QS. AN-Nisa )
Firman Allah dalam Surat Yang lain :
" Allah mengancam orang-orang munafik laki-laki dan perempuan dan orang-orang kafir dengan neraka Jahannam, mereka kekal di dalamnya. cukuplah neraka itu bagi mereka, dan Allah mela'nati mereka, dan bagi mereka azab yang kekal " ( At-Taubah : 68 )
Referensi "Allah Maha Mengawasi", oleh Ustadz Abdul Hakim Al Buthoni di web almanhaj.or.id

No comments:

Post a Comment