Saturday, July 15, 2017

Tips mengajak merapatkan dan meluruskan shaf

Bagaimana sih ngajak orang awam merapatkan dan meluruskan shaf?

Ada teman curhat karena sudah sering mengajak jama'ah shalat di mushola lingkungannya namun hasilnya tidak seperti yang dia harapkan, jama'ah shalat dilingkungannya jarang rapat dan lurus, selalu ada jarak antara jama'ah dan juga akibatnya tidak lurus, padahal shalat berjamaah yang lurus dan rapat menyempurnakan shalat mereka.
Lalu saya sampaikan cerita keberhasilan seorang teman lain yang dapat mengajak orang dilingkungannya agar meluruskan dan merapatkan shaf saat shalat berjamaah atas sebuah tips dari seorang ustadz.
Yakni dengan dibantu beberapa teman lain yang sudah kenal Sunnah, mereka jika berdiri untuk shalat dibuat mengapit seseorang yang masih awam,  yakni satu orang yang kenal dakwah Sunnah berdiri disampingnya kanan dan kiri orang yang masih awam. Dengan demikian Tampa disadari orang yang awam ini akan tau bagaimana cara merapatkan shaf dan meluruskan nya. Cara ini ternyata jauh lebih efektif daripada dinasehati dengan bahasa verbal(berbicara) dan diberikan dalil dari hadist, karena bahasa praktek lebih mudah dipahami, semoga tips ini bermanfaat, syukron.

-----------------

Wajibnya Merapatkan dan Meluruskan Shaf

سَوُّوْا صُفُوْفَكُمْ فَإِنَّ تَسْوِيَةَ الصَّفِّ مِنْ تَمَامِ الصَّلاَةِ

“Luruskan shaf-shaf kalian, karena sesungguhnya meluruskan shaf termasuk kesempurnaan sholat”.

Takhrij Hadits:
Hadits dengan lafadz ini diriwayatkan oleh Imam Muslim dalam Shohihnya (433) dari shahabat Anas bin Malik -radhiallahu Ta’ala ‘anhu-, dan dalam riwayat Al-Bukhary (723), dengan lafazh:
سَوُّوْا صُفُوْفَكُمْ فَإِنَّ تَسْوِيَةَ الصَّفِّ مِنْ إِقَامَةِ الصَّلاَةِ
”Luruskan shaf-shaf kalian, karena sesungguhnya meluruskan shaf termasuk menegakkan sholat.”
Semakna dengannya, hadits Abu Hurairah -radhiallahu Ta’ala ‘anhu- dalam riwayat Al-Bukhary (722) dan Muslim (435), dari Nabi -Shallallahu ‘alaihi wasallam- bahwa beliau bersabda:
وَأَقِيْمُوْا الصَّفِّ فِي الصَّلاَةِ, فَإِنَّ إِقَامَةِ الصَّفِّ مِنْ حُسْنِ الصَّلاَةِ
“Dan tegakkanlah shaf di dalam shalat, karena sesungguhnya menegakkan shaf termasuk diantara baiknya sholat”.

Referensi astyariah.co

By Siswo Kusyudhanto

Foto dr fans page Masjid Raudhatul Jannah Pekanbaru

No comments:

Post a Comment