Wednesday, July 5, 2017

Setiap musibah selalu menyimpan kebaikan


Dalam sebuah kajian di Bandung Ustadz Syafig Reza Basalamah menyebutkan, " setiap takdir yang menimpa manusia selalu menyimpan kebaikan bagi manusia itu sendiri, kadang musibah yang menimpanya menjadi jalan baginya untuk kembali kepada Allah. Kadang manusia perlu diingatkan dengan jalan musibah agar manusia itu hijrah dari jalan maksiat kepada jalan ketaatan kepada Allah. Maka ambil setiap pelajaran ketika sebuah musibah terjadi kepada kita, insyaAllah hal demikian membawa kebaikan kepada kita."

Allah ta’ala berfirman yang artinya,

مَا أَصَابَ مِن مُّصِيبَةٍ إِلَّا بِإِذْنِ اللَّهِ وَمَن يُؤْمِن بِاللَّهِيَهْدِ قَلْبَهُ وَاللَّهُ بِكُلِّ شَيْءٍ عَلِيمٌ

“Tidaklah ada sebuah musibah yang menimpa kecuali dengan izin Allah. Dan barang siapa yang beriman kepada Allah (bersabar) niscaya Allah akan memberikan hidayah kepada hatinya. Allahlah yang maha mengetahui segala sesuatu.” (QS At Taghaabun: 11)

Syaikh Muhammad bin Abdul ‘Aziz Al Qar’awi mengatakan, “Di dalam ayat ini Allah subhanahu wa ta’ala menginformasikan bahwa seluruh musibah yang menimpa seorang individu di antara umat manusia, baik yang terkait dengan dirinya, hartanya atau yang lainnya hanya bisa terjadi dengan sebab takdir dari Allah. Sedangkan ketetapan takdir Allah itu pasti terlaksana tidak bisa dielakkan. Allah juga menyinggung barang siapa yang tulus mengakui bahwa musibah ini terjadi dengan ketetapan dan takdir Allah niscaya Allah akan memberikan taufik kepadanya sehingga mampu untuk merasa ridho dan bersikap tenang tatkala menghadapinya karena yakin terhadap kebijaksanaan Allah. Sebab Allah itu maha mengetahui segala hal yang dapat membuat hamba-hambaNya menjadi baik. Dia juga maha lembut lagi maha penyayang terhadap mereka.” (Al Jadiid, hal. 313).

Sumber referensi,"Secercah cahaya ditengah musibah", karya Ari Wahyudi di muslim.or.id.co

No comments:

Post a Comment