Thursday, June 1, 2017

Sudah kaya tapi merasa miskin terus.


Dalam sebuah kajian seorang jamaah bertanya kepada Ustadz Maududi Abdullah tentang dimana batas seseorang dikatakan kaya, ustadz menjawab, " secara syariat batas seseorang dikatakan kaya adalah kebutuhan makan sehari dirinya, antum tau berapa kebutuhan makan seseorang dalam sehari?, Coba tanyakan kepada ahli kesehatan, menurut mereka kebutuhan makanan agar seseorang dapat hidup hanya satu setengah piring makanan, maka melewati satu setengah piring makanan adalah orang kaya. Dan dengan demikian antum yang makan tiga kali sehari masuk dalam kelompok orang kaya. Namun karena syahwat dan cinta dunia banyak orang yang sudah makan sehari tiga kali merasa dirinya termasuk orang miskin, sejatinya dia termasuk orang kaya. Padahal sekaya apapun makanan yang masuk kedalam perutnya juga tidak lebih dari tiga piring makanan, jika dia mau nambah mungkin satu atau dua piring setelah itu, tidak lebih. Apakah kalau sudah kaya sekali makan 20 bungkus nasi dan ayam goreng hanya sekali makan?, Tentu tidak dapat dia lakukan. Maka sudah cukup makan buat antum dalam sehari, saat itulah antum sudah masuk orang kaya, waallahua'lam."
Ukuran kecukupan menurut Nabi kita shallallahu ‘alaihi wa sallam adalah sebagai berikut,
مَنْ أَصْبَحَ مِنْكُمْ آمِنًا فِي سِرْبِهِ، مُعَافًى فِي جَسَدِهِ، عِنْدَهُ قُوتُ يَوْمِهِ، فَكَأَنَّمَا حِيزَتْ لَهُ الدُّنْيَا
“Barangsiapa yang melewati harinya dengan perasaan aman dalam rumahnya, sehat badannya, dan memiliki makanan untuk hari itu, maka seakan-akan ia telah memiliki dunia seisinya.” (HR. Tirmidzi; dinilai hasan oleh Al-Albani)

No comments:

Post a Comment