Sunday, June 18, 2017

Beramal ibadah tapi tidak berharap pahala?


Membaca sebuah posting seseorang, dalam postingan itu dia berkata, "Silahkan shalat, silahkan bersedekah, silahkan berhaji dan silahkan berjihad, namun jangan berharap pahala atas hal itu", langsung jadi ingat kajian Ustadz Khalid Basalamah ketika membahas kalimat persis seperti ini. Beliau mengatakan, "jika kita temui ada seseorang mengatakan, silahkan shalat, silahkan bersedekah​, silahkan berhaji dan silahkan berjihad namun jangan berharap pahala atas hal itu". Perkataan ini sekilas sepertinya baik dan bijaksana, namun kalau teman-teman teliti lebih dalam ini masuk perkataan yang berbahaya, dapat membahayakan dirinya ataupun juga orang lain yang terpengaruh ketika membacanya. Dari sisi perbuatannya orang seperti ini dapat saja mengatakan demikian karenanya kejahilannya (bodoh) sehingga dia hanya asal mengungkapkannya apa yang dirasakan dan difiikirkannya tampa mengentahui ilmu atas pahala dan dosa dari sebuah perbuatan, termasuk amal ibadah yang kita lakukan. Dalam menghadapi orang jahil seperti ini wajib bagi kita untuk menasehati dan mengingatkan dia agar tidak melakukan lagi diwaktu mendatang. Dan keadaan kedua yakni dia tau bagaimana ilmu dan hukumnya pahala dan dosa namun dia kuffur terhadap itu, kemudian dia mengatakan bahwa pahala tidak penting untuk dijadikan tujuan dalam beramal ibadah, kalau sudah tahap ini teman-teman harap berhati-hati, karena perbuatan yang demikian dapat jadi penyebab seseorang batal keIslamannya, maka wajib teman-teman hindari orang seperti ini, karena syubhat yang disebarkannya dapat mempengaruhi pemahaman kita dalam perkara pahala dan dosa. Padahal dalam banyak ayat Allah Azza Wa Jalla sudah menetapkan bahwa setiap amalan yang dalam ketaatan dan keimanan mendapatkan pahala dan amalan yang berada dalam kemaksiatan dan kekufuran mendapatkan dosa, dan kewajiban kita sebagai seorang mukmin mengimani semua perkataan Allah Azza Wa Jalla baik dalam perkataan ataupun perbuatan, bukan malah mengingkarinya, waallahua'lam."
Kalau kita lakukan pencarian di dalam Al-Quran pada ketigakata tersebut, maka kita akan menemukannya puluhan kali.
Sesungguhnya orang-orang yang beriman, mengerjakan amal saleh, mendirikan shalat dan menunaikan zakat, mereka mendapat pahala di sisi Tuhannya. Tidak ada kekhawatiran terhadap mereka dan tidak mereka bersedih hati.(QS. Al-Baqarah: 277)
Adapun orang-orang yang beriman dan mengerjakan amalan-amalan yang saleh, maka Allah akan memberikan kepada mereka dengan sempurna pahala amalan-amalan mereka dan Allah tidak menyukai orang-orang yang zalim.(QS. Ali Imrah: 57)
Bagi orang-orang yang berbuat kebaikan di antara mereka dan yang bertakwa ada pahala yang besar. (QS. Ali Imran: 172)
Referensi dikutip dr "Manhaj Salaf", artikel "Pahala dan Dosa", karya Ustadz Ahmad Sarwat LC.

No comments:

Post a Comment