Monday, May 13, 2019

MASJID ABU DARDA, MASJID YANG TIDAK ADA KOTAK AMALNYA




Oleh Siswo Kusyudhanto
Kalau berkunjung ke Masjid Abu Darda, Tampan, Pekanbaru, salah satu masjid berbasis kajian Sunnah, pada saat menjelang masuk buka maka kita akan disajikan pemandangan ada ribuan orang sedang berbuka puasa, karena masjid ini tidak ada kotak amal, tentu semua biaya buka puasa ditanggung oleh satu orang yakni sekaligus donatur utama pembangunan masjid, andai ada sekitar 1500 jamaah berbuka hadir dan dengan biaya minum serta makan satu orang sebesar 20 ribu, artinya biayanya total adalah 30 juta setiap hari, dan itu berlangsung satu bulan hebatnya ditanggung satu orang, masyaAllah!!!.
Gak kebayang pahala yang diraih oleh orang itu, tentu sangat besar yaa, karena pemberi makan berbuka kepada seseorang yang tengah berpuasa mendapatkan pahala yang sama tampa sedikitpun mengurangi pahala pengamal puasanya, waallahua'lam.
semoga menjadi teladan bagi kita semua untuk berlomba-lomba dalam meraih pahala dan surga, tentu disesuaikan dengan kemampuan kita, jika mampunya memberi segelas air putih mungkin melakukannya jauh lebih baik daripada tidak sama sekali, insyaAllah.
Inilah janji pahala yang Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam sebutkan,
مَنْ فَطَّرَ صَائِمًا كَانَ لَهُ مِثْلُ أَجْرِهِ غَيْرَ أَنَّهُ لاَ يَنْقُصُ مِنْ أَجْرِ الصَّائِمِ شَيْئًا
“Siapa memberi makan orang yang berpuasa, maka baginya pahala seperti orang yang berpuasa tersebut, tanpa mengurangi pahala orang yang berpuasa itu sedikit pun juga.”
(HR. Tirmidzi no. 807, Ibnu Majah no. 1746, dan Ahmad 5/192, dari Zaid bin Kholid Al Juhani. At Tirmidzi mengatakan bahwa hadits ini hasan shahih. Syaikh Al Albani mengatakan bahwa hadits ini shahih.)
Al Munawi rahimahullah menjelaskan bahwa memberi makan buka puasa di sini boleh jadi dengan makan malam, atau dengan kurma. Jika tidak bisa dengan itu, maka bisa pula dengan seteguk air.
Sumber Referensi "Pahala Melimpah di Balik Memberi Makan Berbuka", karya Ustadz Muhammad Nur Ichwan Muslim di web muslim.or

No comments:

Post a Comment