Friday, May 31, 2019

INI BARU PARCEL KEREN.



Oleh Siswo Kusyudhanto
Ada teman saya seorang pengusaha di Kendari beliau setiap tahun menjelang Lebaran selalu membagi Parcel berisi bingkisan sembako, kue lebaran, sirup dan semacamnya kepada ratusan karyawan yang terlibat dalam usahanya.
Namun untuk lebaran tahun ini agak berbeda, beliau menyiapkan parcel yang berisi makanan dan minuman juga disisipkan Buku Sifat Shalat Nabi Shalallahu alaihi wa Sallam karya Syaikh Albani, beliau berharap dengan buku ini dimasukkan kedalam parcel karyawan maka di kemudian hari para karyawan dapat belajar tentang tata cara shalat yang Sahhih sesuai Al-Qur'an dan Hadits Sahhih kemudian mengamalkan dalam kehidupan sehari-hari, dan berharap mendulang pahala dari amalannya.
Seharusnya demikianlah seorang Muslim, memiliki semangat menyampaikan risalah sesuai kemampuan yang dia miliki kepada masyarakat luas, semoga kita juga punya semangat yang sama dalam mensyiarkan agama ini, agar agama ini tidak musnah dari permukaan bumi, aamiin.
Dalam sebuah hadits disebutkan keutamaan mengajak manusia kepada kebaikan,
عَنْ أَبِي مَسْعُودٍ – رضي الله عنه – قَالَ: قَالَ رَسُولُ اَللَّهِ – صلى الله عليه وسلم : مَنْ دَلَّ عَلَى خَيْرٍ, فَلَهُ مِثْلُ أَجْرِ فَاعِلِهِ
Dari Abu Mas’ud Radhiyallahu anhu berkata, “Rasûlullâh Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, ‘Barangsiapa menunjukkan suatu kebaikan, maka ia mendapatkan pahala seperti pahala orang yang melakukannya.” [HR. Muslim]
TAKHRIJ HADITS
Hadits ini diriwayatkan Imam Muslim dalam kitab al-imârah bab fadhlu I’ânat al-ghâzî fî sabîlillâh (bab keutamaan membantu orang yang berperang di jalan Allâh), no. 1893 dari jalur Abu Mu’awiyah dari A’masy dari Abu Amr asy-Syaibani dari Abu Mas’ud al-Anshâri Radhiyallahu anhu ; ia berkata, “Seorang lelaki datang kepada Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam seraya berkata, ‘Sungguh, tungganganku telah binasa. Karena itu tolong berilah aku tumpangan (tunggangan).” Nabi menjawab, “Aku tidak punya.” Lalu ada seorang lelaki yang berkata, “Wahai Rasûlullâh! Aku bisa menunjukkan padanya orang yang bisa memberinya tumpangan (tunggangan).” Lalu Rasûlullâh Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda seperti yang tertera dalam hadits di atas.
Sumber Referensi almanhaj.or

No comments:

Post a Comment