Friday, May 3, 2019

JANGAN JADI SETENGAH ISLAM


Oleh Siswo Kusyudhanto
Dalam sebuah kajian seorang Ustadz menyebutkan, kadang kalau kita ingatkan seorang Muslimah tentang pakaiannya yang meskipun berhijab tapi bajunya masih membentuk aurat mereka berdalih yang penting akhlaknya baik, ketimbang hijabnya lebar tapi suka menghibah(gosip), suka namimah(adu domba) dan berperilaku buruk lainnya. Ketahuilah bahwa orang seperti ini tidak mengetahui bahwa dalam Islam semua syariat diatur sedemikian lengkap, Islam mengatur bagaimana memperbaiki urusan bathin seperti akhlak, Islam sekaligus juga mengatur penampilan fisik manusia seperti cara berpakaian. Yang ideal adalah baik dalam akhlak juga baik dari penampilannya dengan sesuai syariat.
Jika seseorang baik akhlaknya namun masih menampilkan aurat dalam berpakaian, maka menjadi dosa baginya dari sisi pakaian, atau sebaliknya pakaiannya sudah sesuai syariat namun akhlaknya buruk, maka menjadi dosa dari sisi akhlak buruknya.
Semoga kita termasuk orang yang baik dalam akhlak sekaligus baik dalam syariat lainnya, jika sudah demikian kita InsyaAllah masuk dalam Islam yang Kaffah, bukan setengah Islam, waalahua'lam.
Allah ta’ala berfirman,
يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آَمَنُوا ادْخُلُوا فِي السِّلْمِ كَافَّةً وَلَا تَتَّبِعُوا خُطُوَاتِ الشَّيْطَانِ إِنَّهُ لَكُمْ عَدُوٌّ مُبِينٌ
“Hai orang-orang yang beriman, masuklah kamu ke dalam Islam keseluruhan, dan janganlah kamu turuti langkah-langkah syaitan. Sesungguhnya syaitan itu musuh yang nyata bagimu.” (QS. Al Baqarah: 208)
Imam Ibnu Katsir rahimahullah mengatakan, “Allah ta’ala berfirman menyeru para hamba-Nya yang beriman kepada-Nya serta membenarkan rasul-Nya untuk mengambil seluruh ajaran dan syari’at; melaksanakan seluruh perintah dan meninggalkan seluruh larangan sesuai kemampuan mereka.” (Tafsir Ibn Katsir 1/335).
Sumber Referensi "Kaffah dalam Beragama", karya Ustadz Muhammad Nur Ichwan Muslim di muslim.or
Foto baliho Toko Cahaya Sunnah di jalan Tuanku Tambusai Pekanbaru.

No comments:

Post a Comment