Friday, May 31, 2019

APA YANG KALIAN JUAL KEPADA ALLAH TA'ALA DI BULAN RAMADHAN TAHUN INI ?



Oleh Siswo Kusyudhanto

Dalam sebuah kajian Ustadz Armen Halim Naro Rahimahullah menyebutkan, pada Bulan Ramadhan, bulan suci ini Allah Ta'ala membuka pasarNya seluas-luasnya, dan didalamnya kita diberikan kesempatan seluas-luasnya untuk menjual apa yang kita miliki berupa amal ibadah yang kita lakukan, kemudian oleh Allah Ta'ala dibayar dengan pahala yang berlipat-lipat kali jumlahnya.

Maka sangat beruntung seseorang yang dalam Bulan Ramadhan dia banyak melakukan amal ibadah yang sesuai syariat Allah dan RasulNya karena dia menjual barang yang sangat bagus dan bernilai tinggi, sementara sungguh celaka jika seseorang melakukan amalan yang bercampur dengan maksiat, kebid'ahan apalagi dengan kesyirikan, dia menjual sesuatu kepada Allah Ta'ala barang yang buruk, mungkin bukan pahala yang dia dapatkan, bahkan sebaliknya mungkin dia mendapatkan dosa, olehnya sangat perlunya ilmu untuk dijadikan dasar dalam beramal, karena hal itu menentukan "jualan" kita kepada Allah Ta'ala.
Waallahua'lam.

Allah ‘Azza wa Jalla berfirman,

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آَمَنُوا هَلْ أَدُلُّكُمْ عَلَى تِجَارَةٍ تُنْجِيكُمْ مِنْ عَذَابٍ أَلِيمٍ. تُؤْمِنُونَ بِاللَّهِ وَرَسُولِهِ وَتُجَاهِدُونَ فِي سَبِيلِ اللَّهِ بِأَمْوَالِكُمْ وَأَنْفُسِكُمْ ذَلِكُمْ خَيْرٌ لَكُمْ إِنْ كُنْتُمْ تَعْلَمُونَ. يَغْفِرْ لَكُمْ ذُنُوبَكُمْ وَيُدْخِلْكُمْ جَنَّاتٍ تَجْرِي مِنْ تَحْتِهَا الْأَنْهَارُ وَمَسَاكِنَ طَيِّبَةً فِي جَنَّاتِ عَدْنٍ ذَلِكَ الْفَوْزُ الْعَظِيمُ

“Hai orang-orang yang beriman, sukakah kamu Aku tunjukkan suatu perniagaan yang dapat menyelamatkan kamu dari azab yang pedih? (yaitu) kamu beriman kepada Allah dan Rasul-Nya dan berjihad di jalan-Nya dengan harta dan jiwamu, itulah yang lebih baik bagimu jika kamu mengetahuinya. Niscaya Allah akan mengampuni dosa-dosamu dan memasukkan kamu ke dalam surga yang mengalir di bawahnya sungai-sungai, dan (memasukkan kamu) ke tempat tinggal yang baik di surga ‘Adn. Itulah keberuntungan yang besar.” (QS. ash-Shaff: 10-12).

Imam asy-Syaukani berkata, “Allah menjadikan amalan-amalan (shalih) tersebut kedudukannya seperti ‘perniagaan’, karena orang-orang yang melakukannya akan meraih keuntungan (besar) sebagaimana mereka meraih keuntungan dalam perniagaan (duniawi), keuntungan (besar) itu adalah masuknya mereka ke dalam surga dan selamat dari (siksa) neraka.” (Kitab Fathul Qadiir, 5/311).

Inilah ‘perniagaan’ yang paling agung, karena menghasilkan keuntungan yang paling besar dan kekal abadi selamanya, inilah ‘perniagaan’ yang dengannya akan diraih semua harapan kebaikan dan terhindar dari semua keburukan yang ditakutkan, inilah perniagaan yang jelas lebih mulia dan lebih besar keuntungannya daripada perdagangan duniawi yang dikejar oleh mayoritas manusia. (Lihat kitab Tafsir Ibnu Katsir, 4/463).

Sumber Referensi " Perniagaan yang tidak merugi", karya Ustadz Abdullah Taslim Al Buthony di pengusahamuslim,com

No comments:

Post a Comment