Monday, May 13, 2019

HARUSNYA SETIAP MUSLIM MERINDUKAN AL-QURAN


Oleh Siswo Kusyudhanto
Dalam sebuah kajian Ustadz Abu Zubair Haawary memberikan nasehat tentang keutamaan membaca dan mempelajari Al-Quran.
Beliau menyebutkan, " Jika ada seorang pemuda atau pemudi yang sedang jatuh cinta kepada seseorang kemudian dia menerima surat, sms atau pesan WA maka dia akan berbunga-bunga ketika mendapat kiriman pesan atau surat tersebut, dan ingin membacanya segera karena ingin mengetahui isi dari pesan sang kekasih.
Sikap setiap Muslim harusnya demikian terhadap Al-Quran, selalu ingin membaca dan mempelajari Al-Quran karena ingin mengetahui pesan Allah Ta'ala yang termuat dalam ayat-ayatNya, hanya dengan membaca dan mempelajari Al-Quran kita mengetahui perintah dan larangan dari Allah Ta'ala, waallahua'lam".
Allah Ta'ala berfirman :
{الَّذِينَ يَتْلُونَ كِتَابَ اللَّهِ وَأَقَامُوا الصَّلَاةَ وَأَنْفَقُوا مِمَّا رَزَقْنَاهُمْ سِرًّا وَعَلَانِيَةً يَرْجُونَ تِجَارَةً لَنْ تَبُورَ (29) لِيُوَفِّيَهُمْ أُجُورَهُمْ وَيَزِيدَهُمْ مِنْ فَضْلِهِ إِنَّهُ غَفُورٌ شَكُورٌ (30)}
“Sesungguhnya orang-orang yang selalu membaca kitab Allah dan mendirikan salat dan menafkahkan sebahagian dari rezeki yang Kami anugerahkan kepada mereka dengan diam-diam dan terang-terangan, mereka itu mengharapkan perniagaan yang tidak akan merugi”. “Agar Allah menyempurnakan kepada mereka pahala mereka dan menambah kepada mereka dari karunia-Nya. Sesungguhnya Allah Maha Pengampun lagi Maha Mensyukuri.” (QS. Fathir: 29-30).
Ibnu Katsir rahimahullah berkata,
قال قتادة رحمه الله: كان مُطَرف، رحمه الله، إذا قرأ هذه الآية يقول: هذه آية القراء
“Qatadah (wafat: 118 H) rahimahullah berkata, “Mutharrif bin Abdullah (Tabi’in, wafat 95H) jika membaca ayat ini beliau berkata: “Ini adalah ayat orang-orang yang suka membaca Al Quran” (Lihat kitab Tafsir Al Quran Al Azhim).
Asy Syaukani (w: 1281H) rahimahullah berkata,
أي: يستمرّون على تلاوته ، ويداومونها
“Maksudnya adalah terus menerus membacanya dan menjadi kebiasaannya”(Lihat kitab Tafsir Fath Al Qadir).
Sumber Referensi "keutamaan membaca al-quran", karya Ustadz Ahmad Zainuddin Al Banjary di muslim.or

No comments:

Post a Comment