Wednesday, May 8, 2019

INI BUKAN DI MADINAH


Oleh Siswo Kusyudhanto
Jika sudah masuk Bulan Ramadhan Masjid Raudhatul Jannah Pekanbaru jika sore tiba selalu dipenuhi jamaah yang bersiap untuk melakukan buka bersama, dan terus bertambah setiap tahun, seperti tahun ini diperkirakan ada lebih dari 1000 orang jamaah setiap hari mengikuti buka bersama di Masjid Raudhatul jannah.
Dan menurut informasi dari panitia untuk tahun ini panitia mengeluarkan dana sekitar 20 jutaan sehari untuk biaya minum, snack sampai makan bagi jamaah yang mengikuti kegiatan buka bersama ini.
Namun biaya sebesar itu alhamdulillah selalu ada saja donatur dari kalangan jamaah kajian Sunnah yang mencukupinya, mungkin para donatur adalah insan yang mengerti pentingnya mendapatkan pahala dari memberi minum dan makan bagi para jamaah yang berbuka di masjid ini, makanya mereka selalu semangat menyisihkan sebagian hartanya untuk mencukupi biayanya, masyaAllah, alhamdulillah.
Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam sebutkan,
مَنْ فَطَّرَ صَائِمًا كَانَ لَهُ مِثْلُ أَجْرِهِ غَيْرَ أَنَّهُ لاَ يَنْقُصُ مِنْ أَجْرِ الصَّائِمِ شَيْئًا
“Siapa memberi makan orang yang berpuasa, maka baginya pahala seperti orang yang berpuasa tersebut, tanpa mengurangi pahala orang yang berpuasa itu sedikit pun juga.”
(HR. Tirmidzi no. 807, Ibnu Majah no. 1746, dan Ahmad 5/192, dari Zaid bin Kholid Al Juhani. At Tirmidzi mengatakan bahwa hadits ini hasan shahih. Syaikh Al Albani mengatakan bahwa hadits ini shahih.)
Ath Thobari rahimahullah menerangkan, “Barangsiapa yang menolong seorang mukmin dalam beramal kebaikan, maka orang yang menolong tersebut akan mendapatkan pahala semisal pelaku kebaikan tadi. Rasul shallallahu ‘alaihi wa sallam memberi kabar bahwa orang yang mempersiapkan segala perlengkapan perang bagi orang yang ingin berperang, maka ia akan mendapatkan pahala berperang. Begitu pula orang yang memberi makan buka puasa atau memberi kekuatan melalui konsumsi makanan bagi orang yang berpuasa, maka ia pun akan mendapatkan pahala berpuasa.”
Sumber Referensi
Pahala Besar di Balik Memberi Makan Berbuka
Penulis Muhammad Abduh Tuasikal, MSc -di rumaysho.c

No comments:

Post a Comment