Wednesday, September 26, 2018

SURVEY, SEBENARNYA KITA SEDANG MEMBUAT JALAN KEMANA?


Oleh Siswo Khusyudhanto
Ada seorang wanita yang memakai pakai rok mini, kainnya jauh diatas lutut sehingga menampakkan bagian pahanya, kalau ditanya, " Mbak anda apakah ingin masuk surga?", Maka si wanita menjawab dengan tegas, "pasti saya ingin masuk surga", padahal dengan membuka auratnya sedemikian rupa tentu dapat menjadi sebab dosa baginya juga dosa bagi para lelaki yang bukan mahram baginya yang terbangkitkan syahwat ketika melihat auratnya. Yang dilakukan si wanita sebenarnya adalah sedang membuat jalan menuju neraka.
Ada seorang pedagang yang suka berbuat curang, sering mengurangi timbangan, ketika ditanya, " Mas apakah anda ingin masuk surga?, Maka dengan lugas dia menjawab, " ya saya sangat ingin masuk surga." Padahal yang dilakukannya dengan mengurangi timbangan tentu mendatangkan dosa baginya, dia sebenarnya sedang membuat jalan menuju neraka.
Ada seorang pegawai disebuah instansi yang suka merubah angka dikuitansi, suka memark-up nilai proyek demi keuntungan pribadi, ketika ditanya, " Pak apakah anda ingin masuk Surga?", Dengan tegas dia jawab," saya ingin masuk Surga, itu pasti". Padahal apa yang dilakukannya dengan berbohong dan menipu jelas mendatangkan dosa baginya, Tampa disadari dia sedang membuat jalan menuju neraka.
Dan banyak manusia ketika ditanya tentang keinginan mereka soal Surga, pasti dengan tegas dan lugas menyatakan ingin masuk kedalam Surga dan merasakan segala kenikmatannya, namun keinginan mereka tidak diikuti dengan amalannya, justru kebanyakan manusia banyak melakukan perbuatan yang sebenarnya mengarahkan dirinya kepada jalan ke neraka.
 Sama halnya ketika seseorang ingin pergi ke Kota Medan, ketika disimpang jalan jika dia ambil jalan ke kekanan menuju ke Kota Medan dan jalan kekiri menuju Kota Bukittinggi, justru dia mengambil jalan kekiri, ketika hampir sampai Kota Bukittinggi seseorang bertanya,"Bapak sebenarnya mau pergi kemana?", Orang itu menjawab,"Saya ingin pergi ke Kota Medan", yang bertanya tentu bingung mendengarnya karena yang ditanya sedang menuju Kota Bukittinggi dan bukan ke Kota Medan.
Semoga kita termasuk orang-orang yang Istiqomah dengan amalan-amalan kita menuju jalan ke Surga, Aamiin.
Allah Ta'ala berfirman yang artinya;
Dan katakanlah: “Kebenaran itu datangnya dari Tuhanmu; maka barangsiapa yang ingin (beriman) hendaklah ia beriman, dan barangsiapa yang ingin (kafir) biarlah ia kafir.” Sesungguhnya Kami telah sediakan bagi orang-orang zalim itu neraka, yang gejolaknya mengepung mereka. Dan jika mereka meminta minum, niscaya mereka akan diberi minum dengan air seperti besi yang mendidih yang menghanguskan muka. Itulah minuman yang paling buruk dan tempat istirahat yang paling jelek. Sesunggunya mereka yang beriman dan beramal shaleh, tentulah Kami tidak akan menyia-nyiakan pahala orang-orang yang mengerjakan amalan(nya) dengan yang baik. Mereka itulah (orang-orang yang) bagi mereka surga ‘Adn, mengalir sungai-sungai di bawahnya; dalam surga itu mereka dihiasi dengan gelang emas dan mereka memakai pakaian hijau dari sutera halus dan sutera tebal, sedang mereka duduk sambil bersandar di atas dipan-dipan yang indah. Itulah pahala yang sebaik-baiknya, dan tempat istirahat yang indah.” (QS. Al-Kahfi: 29-31)
Dikutip dari Kajian Ustadz Maududi Abdullah

No comments:

Post a Comment