Monday, September 17, 2018

SUDAHKAH KALIAN MEMULIAKAN ORANG TUA KALIAN???


Oleh Siswo Khusyudhanto
Disampaikan oleh Ustadz Yazid bin Abdul Qodir Jawas dalam sebuah kajian beliau.
Suatu hari beliau berkunjung ke sebuah gedung perkantoran yang cukup megah, ketika didepan pintu masuk nampak dua orang satpam menyambut beliau, mereka menyambut dengan ramah disertai senyuman dan bertanya, "Mohon maaf pak, apakah ada yang dapat kami bantu?". Ustadz Yazid senang dengan sambutan kedua tenaga pengamanan gedung itu, lalu beliau tersenyum, dan berkata, "Kalian sangat ramah kepada orang asing yang datang, hal ini sangat baik, namun apakah kalian pernah lakukan hal demikian, bersikap ramah kepada orang tua kalian dan bertanya, apakah ada yang saya bantu wahai ibu atau ayah?". Kedua petugas keamanan gedung itupun langsung kaget dan terdiam, mungkin pertanyaan itu menyadarkan mereka bahwa selama ini mereka dapat bersikap ramah kepada orang yang jelas asing bagi mereka, namun kepada orang tua sendiri kadang lupa bersikap ramah dan lemah lembut.
Lalu Ustadz Yazid menasehati mereka agar bersikap ramah dan lemah lembut kepada kedua orang tua mereka, karena disana ada nilai pahala yang besar, yakni termasuk dalam amalan berbakti kepada orang tua yang dalam syariat Islam sangat tinggi kedudukannya, bahkan sebagian ulama menyebutkan kedudukan berbakti kepada orang tua diatas kemuliaan berJIHAD.
Waalahua'lam.
Dari ‘Abdullah bin ‘Amr Radhiyallahu ‘anhuma, dia berkata, “Ada seorang laki-laki yang meminta izin kepada Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam untuk berjihad, maka Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda kepadanya.
أَحَيٌّ وَالِدَاكَ؟ قَالَ: نَعَمْ.
“Apakah kedua orang tuamu masih hidup?’ Dia menjawab, ‘Ya, masih.”
Beliau pun bersabda
فَفِيهِمَا فَجَاهِدْ.
“Maka pada keduanya, hendaklah engkau berjihad (berbakti).’” [HR. Al-Bukhari dan Muslim]
Sumber Referensi,"Kedudukan berbakti kepada orang tua diatas jihad",karya Ummu Salafiyah di almanhaj.or.id

No comments:

Post a Comment