Sunday, February 10, 2019

HANYA DI PONDOK PESANTREN INI UANG JAJAN KIRIMAN ORANG TUA TIDAK DAPAT DIHARAPKAN AKAN DATANGNYA


Oleh Siswo Kusyudhanto
Kalau kita sering bergaul dengan santri berbagai pondok pesantren maka kita akan temui banyak santri berharap kiriman uang atau juga makanan dan orang tuanya, datangnya kiriman apapun bentuknya dari orang tua atau sanak saudara adalah kegembiraan luar biasa bagi seorang santri yang sehari-hari hidup jauh dari rumah mereka.
Namun tidak demikian yang terjadi di Pondok Pesantren Tahfizh Al Markiz Lipat Kain, Kampar kiri, Riau.
Santri kebanyakan disini adalah dari keluarga yang tidak mampu, bahkan ada juga yang yatim piatu.
Mayoritas santri yang belajar disini digratiskan untuk biaya pendidikan dan biaya hidup dikarenakan latar belakang ekonomi mereka kurang, semua biaya ditanggung oleh pihak Pondok Pesantren, dan sumber dana pembiayaan pondok selain didapat dari sebagian usaha kecil-kecilan pondok juga dari para donatur.
Karenanya, mungkin hanya terjadi di pondok pesantren ini ada seorang santri yang tidak dikunjungi orang tua mereka selama berbulan-bulan, atau mungkin lebih karena kekurangan ekonomi orang tuanya, lihat bahkan untuk biaya transportasi mengunjungi anaknya saja mereka tidak memilikinya.
Mungkin hanya di pondok pesantren ini uang jajan kiriman orang tidak pernah diharapkan datang, karena jika berharap demikian akan bikin sedih sekali karena belum pasti datangnya.
Sungguh mengetahui keadaan mereka akan membuat lembut hati kita. Seperti dijelaskan oleh Ustadz Armen Halim Naro Rahimahullah, kata beliau jika ingin hati kita lembut datangi orang yang fakir dan miskin, datangi anak yatim piatu dan usap kepala mereka, InsyaAllah hal demikian melembutkan hati kita yang keras karena cinta dunia dan kesombongan.
Semoga mampu terus membantu tegaknya pondok pesantren Al Markiz Lipat Kain Kampar kiri, Riau ini, memberikan pendidikan agama yang benar secara gratis kepada masyarakat luas, agar makin banyak lapisan masyarakat tersentuh Dakwah Ahlu Sunnah Manhaj Salaf, aamiin.
----------
🌾Mari bantu program belajar gratis buat mereka..
🔹Kirim infak terbaik anda ke :
Rek. BNI 0793011032
a.n Yayasan Markiz Daarul Qur'an Was Sunnah
Atau Rek. BRI. 550801006934535
A.n FIRDAUS
Konfirmasi ke : 0823-8659-0057
Berapapun nominal infak anda sangat bermanfaat dan semoga Allah lipat gandakan pahalanya..
Jazaakumullahu khoiron

No comments:

Post a Comment