Monday, February 25, 2019

Belajar baca Al-Qur'an jarak jauh?, why Not ?




Oleh Siswo Kusyudhanto
Alhamdulillah, beberapa saat yang lalu baru dikasih kabar teman di Ohio Amerika Serikat tentang pelajaran pertama membaca Al-Qur'an anaknya yang di lakukan secara streaming dengan Pak Syaiful di Masjid Raudhatul Jannah Pekanbaru, jadi ikut senang mendengarnya, proses belajar mengajar jarak jauh ini berlangsung lancar, dan semoga berlanjut hingga anak teman itu benar-benar pandai membaca Al-Qur'an, aamiin.
Awal mula kegiatan ini berlangsung beberapa waktu yang lalu teman ini m nyampaikan kesulitan mendapatkan guru ngaji di Amerika, maklum Muslim disana sudah jumlahnya minoritas, juga yang benar-benar berilmu cukup untuk sampai level mengajar sangat sedikit, jikapun ada tempat tinggalnya berjauhan, bisa beda kota bahkan beda negara bagian.
Ketika teman ini bertanya apakah bisa dilakukan dengan cara jarak jauh tiba-tiba jadi semangat mewujudkannya, lalu saya sibuk bertanya kepada para ikhwan di Pekanbaru, siapa yang bisa ngajar ngaji dengan pengantar bahasa Inggris, setelah beberapa hari mencari kabar ini terdengar oleh pihak pengurus Masjid Raudhatul Jannah, dan langsung ditanggapi positif oleh Pak Syaiful, yang kebetulan beliau punya kemampuan bahasa Inggris cukup lumayan.
Ketika saya menyampaikan rencana saya beliau sangat semangat, maklum mungkin baru kali ini beliau ngajar secara streaming, dan tentu secara teknis bukan perkara mudah karena perbedaan waktu Indonesia dan Amerika sekitar 12 jam, artinya kalau kita mulai bangun pagi dan beraktivitas disiang hari sementara di Amerika mereka baru akan beranjak tidur malam, dan sebaliknya jika kita akan beranjak tidur mereka di Amerika sedang memulai harinya untuk beraktivitas.
Namun Alhamdulillah kendala tersebut dapat diatasi dengan menyesuaikan masing-masing keadaan.
Jika ini sudah berjalan lancar impian saya bikin kelas membaca Al-Qur'an jarak jauh dengan peserta teman-teman Indonesia yang tengah bekerja diberbagai negara seperti Taiwan, Hongkong, Korea, Singapura, Malaysia dan seterusnya, InsyaAllah lebih mudah karena perbedaan waktu tidak jauh berbeda dengan Indonesia. Dan mungkin bisa dilakukan secara masal, bukan perorangan, semoga Allah Azza wa Jalla mudahkan usaha dakwah ini, aamiin.
Allâh Azza wa Jalla berfirman:
وَلَقَدْ يَسَّرْنَا الْقُرْآنَ لِلذِّكْرِ فَهَلْ مِنْ مُدَّكِرٍ
Dan sesungguhnya telah Kami mudahkan al-Qur’an untuk peringatan atau pelajaran, maka adakah orang yang (mau) mengambil pelajaran? [Al-Qamar/54:17]

No comments:

Post a Comment