Thursday, August 9, 2018

Banyak orang salah memahami makna "tabayyun".


Oleh Siswo Kusyudhanto
Sering kali jika kita posting mengenai seseorang selalu muncul comment bernada nasehat"tabayyun dulu", padahal yang diposting jelas perbuatan yang disampaikan didepan ribuan orang, dishare ribuan kali, dan jelas maksud perbuatannya. Dengan mendengar dan melihat perbuatan orang itu kita sudah tau maksud dan tujuannya tampa bertanya lagi.
Banyak orang yang keliru memahami arti tabayyun yang sebenarnya. Karena selain tabayyun ada juga yang namanya Tatsabbut..
Dibawah ini pengertian dari tabayyun itu apa. Simak penjelasan berikut ini...
Apa itu tabayyun, Arti Tabayyun? Pengertian tabayyun dibedakan menjadi dua, yaitu pengertian secara bahasa dan istilah.
Secara bahasa tabayyun adalah mencari kejelasan tentang sesuatu hingga jelas dan benar keadaan sesungguhnya. Secara istilah tabayyun adalah meneliti dan menyeleksi suatu berita, tidak secara tergesa-gesa dalam memutuskan suatu permasalahan baik dalam perkara hukum, kebijakan dan sebaginya hingga sampai jelas benar permasalahnnya, sehingga tidak ada pihak yang merasa terdzolimi atau tersakit.
Tabayyun sangat dibutuhkan di zaman yang penuh fitnah ini. Allah Ta’ala telah memerintahkan kita untuk tabayyun,
Allah Ta'ala berfirman:
يَاأَيُّهَا الَّذِيْنَ ءَامَنُوْا إِنْ جَاءَكُمْ فَاسِقٌ بِنَبَإٍ فَتَبَيَّنُوْا أَنْ تُصِيْبُوْا قَوْمًا بِجَهَالَةٍ فَتُصْبِحُوْا عَلىَ مَا فَعَلْتُمْ نَادِمِيْنَ
“Wahai orang-orang yang beriman, apabila datang kepada kalian orang fasiq dengan membawa berita, maka periksalah dahulu dengan teliti, agar kalian tidak menuduh suatu kaum dengan kebodohan, lalu kalian menyesal akibat perbuatan yang telah kalian lakukan.” (QS. Al Hujurat : 6).
Imam Asy Syaukani rahimahullah berkata, “Yang dimaksud dengan tabayyun adalah memeriksa dengan teliti dan yang dimaksud dengan tatsabbut adalah berhati-hati dan tidak tergesa-gesa, melihat dengan keilmuan yang dalam terhadap sebuah peristiwa dan kabar yang datang, sampai menjadi jelas dan terang baginya.” (Fathul Qadir, 5:65).
Dengan menyebut nama Allah Yang Maha Pemurah lagi Maha Penyayang. Allah Ta’ala berfirman:
“Hai orang-orang yang beriman, apabila kamu pergi [berperang] di jalan Allah, maka lakukanlah tabayyun (telitilah) dan janganlah kamu mengatakan kepada orang yang mengucapkan “salam” kepadamu: “Kamu bukan seorang mu’min” [lalu kamu membunuhnya], dengan maksud mencari harta benda kehidupan di dunia, karena di sisi Allah ada harta yang banyak. Begitu jugalah keadaan kamu dahulu lalu Allah menganugerahkan ni’mat-Nya atas kamu, maka telitilah. Sesungguhnya Allah Maha Mengetahui apa yang kamu kerjakan.” (Al-Qur’an, Surah An-Nisa, Ayat 94).
Sumber referensi wajibbaca.co

No comments:

Post a Comment