Sunday, November 25, 2018

INGAT KEMATIAN SELALU MENGINTAIMU


Oleh Siswo Kusyudhanto
Disampaikan seorang teman di Amerika Serikat beberapa hari yang lalu, ada salah satu temannya meninggal dunia diakibatkan bencana kebakaran yang meluas di negri itu, dia wafat diakibatkan menghirup karbon dioksida yang terlalu banyak dari asap kebakaran, innaillaihi wa Inna ilaihi Raji'un, semoga arwah beliau diterima disisi Allah Ta'ala, aamiin.
Makin sadar bahwa kematian demikian dekat kepada seseorang, bahkan di negara super power seperti Amerika Serikat yang dimana soal keamanan dan sistem penanggulangan bencana seperti bencana kebakaran mungkin adalah yang terbaik di dunia, namun faktanya banyak juga korban berjatuhan diakibatkan bencana kebakaran.
Makin yakin kekuasaan Allah Ta'ala terhadap kematian, tidak ada satupun yang dapat menghalangi datangnya kematian jika Allah Ta'ala sudah berkehendak.
Semoga ini menjadi pengingat kita untuk selalu menjadi kematian sebagai nasehat yang terbaik, hanya dengan mengingat kematian menjadikan kita selalu bersiap untuk menyambut nya, tentunya berusaha Istiqomah diatas amal ibadah, karena hanya itu bekal kita dalam menyambutnya, bukan harta ataupun kedudukan yang kita miliki.
Waalahua'lam.
Allah Subhanahu wa Ta’ala berfirman:
أَيْنَمَا تَكُونُوا يُدْرِككُّمُ الْمَوْتُ وَلَوْ كُنتُمْ فِي بُرُوجٍ مُشَيَّدَةٍ
Dimana saja kamu berada, kematian akan mendapatkan kamu, kendatipun kamu di dalam benteng yang tinggi lagi kokoh. [An Nisa’:78].
قُلْ إِنَّ الْمَوْتَ الَّذِي تَفِرُّونَ مِنْهُ فَإِنَّهُ مُلاَقِيكُمْ ثُمَّ تُرَدُّونَ إِلَى عَالِمِ الْغَيْبِ وَالشَّهَادَةِ فَيُنَبِّئُكُم بِمَا كُنتُمْ تَعْمَلُونَ
Katakanlah: “Sesungguhnya kematian yang kamu lari daripadanya, maka sesungguhnya kematian itu akan menemui kamu, kemudian kamu akan dikembalikan kepada (Allah), yang mengetahui yang ghaib dan yang nyata, lalu Dia beritakan kepadamu apa yang telah kamu kerjakan”. [Al Jumu’ah:8].
وَجَآءَتْ سَكْرَةُ الْمَوْتِ بِالْحَقِّ ذَلِكَ مَا كُنتَ مِنْهُ تَحِيدُ
Dan datanglah sakaratul maut yang sebenar-benarnya. Itulah yang kamu selalu lari dari padanya. [Qaaf:19].
Sumber Referensi," Selalu Mengingat kematian", karya Ustadz Muslim Al Asy'ari di almanhaj.or.id

No comments:

Post a Comment