Tuesday, November 27, 2018

CANTIK BELUM TENTU BIKIN BAHAGIA


Oleh Siswo kusyudhanto
Ada teman masih muda, dia mengungkapkan bahwa ingin menikah dengan seorang wanita yang cantik parasnya, lalu saya bilang bahwa cantiknya seorang wanita bukan jaminan kebahagiaan kita dalam mengarungi rumah tangga, lihat saja di tv banyak artis yang ganteng dan cantik rumah tangga mereka justru malah berantakan, yang benar adalah mencari wanita yang bikin kita nyaman, yakni yang bagus agamanya insyaAllah kita akan bahagia.
Lalu saya bercerita tentang pengalaman saya dulu bekerja disebuah perusahaan asing dalam bidang elektronik, sebagai kepala bagian promosi sering disibukkan dengan kegiatan yang berkaitan dengan kegiatan mempromosikan produk perusahaan saya.
Salah satu kesibukan saya adalah mengadakan pameran seperti di Mal dan semacamnya.
Dalam kegiatan pameran produk sering kami menggunakan tenaga Sales Promotional Girls lepas, dan kebanyakan mereka direkrut dari agen model atau event organizer rekanan kami, tentu yang kami rekrut yang berpenampilan menarik, tinggi badannya diatas rata-rata dan parasnya tentu cantik, karena kami bayar mahal untuk kecantikan mereka dengan harapan mereka dapat menarik konsumen untuk membeli produk kami.
Sebelum pameran diselenggarakan biasanya kami berikan pembekalan product knowledge/pengetahuan tentang produk kepada mereka, dan biasanya saya yang memberikan materi ini, dihadapan belasan orang model yang semuanya cantik parasnya itu saya memberikan materi sebagaimana juga kepada orang lain.
Banyak teman dari divisi lain minta tolong share nomer hp para model itu namun saya tolak, bukan apa-apa, karena meskipun sebenarnya mereka kelihatan sangat cantik namun soal akhlak dan adab kebanyakan jauh berbanding terbalik dengan penampilan mereka yang cantik itu. Kalau teman ada yang ingin mendekati para model itu kemudian saya kasih nomer hpnya ibarat saya sedang menjerumuskan teman saya, maka selalu hidarkan memberikan nomer hp mereka kepada teman.
Kadang disela istirahat pembekalan materi pengetahuan produk saya perhatikan mereka kebanyakan membicarakan gossip, membicarakan barang mahal, trend artis dan flim, bahkan ada diantara mereka juga berbicara jorok dan juga merokok, subhanallah.
Cantik memang oke, tapi bagaimana dengan adab dan akhlak?, Mengharapkan mereka dijadikan istri sama halnya mencari masalah dan kesengsaraan/tidak nyaman.
Benarlah dalam sebuah hadist bahwa Nabi Muhammad Shalallahu alaihi wa Sallam perintahkan pada para lelaki jika mencari istri untuk menjadikan agama sebagai pertimbangan utama, agar beruntung.
Waalahua'lam.
Nabi Muhammad Shalallahu alaihi wa Sallam bersabda :
تنكح المرأة لأربع: لمالها ولحسبها وجمالها ولدينها، فاظفر بذات الدين تربت يداك
“Wanita biasanya dinikahi karena empat hal: karena hartanya, karena kedudukannya, karena parasnya dan karena agamanya. Maka hendaklah kamu pilih karena agamanya (keislamannya), sebab kalau tidak demikian, niscaya kamu akan merugi.” (HR. Bukhari-Muslim)
Sumber Referensi,"Memilih Pasangan Idaman", karya Ustadz Yulian Purnama di muslim.or.id

No comments:

Post a Comment