Saturday, November 3, 2018

HANYA ORANG BODOH YANG MEMAMERKAN PERHIASAN MAHALNYA


Oleh Siswo Kusyudhanto
Ada seorang teman yang mungkin karena awam sering share foto istrinya yang cantik, dan foto itu di share kemana-mana sehingga dilihat banyak lelaki lain yang jelas bukan mahram bagi si wanita. Maksud dia mungkin ingin pamer kepada orang lain atau temannya, " ini lho aku punya istri cantik". Subhanaallah.
Dalam sebuah kajian seorang sutadz menyebutkan, seorang istri adalah diibaratkan perhiasan, dan seperti halnya perhiasan yang mahal sedapat mungkin disimpan ditempat tersembunyi dan tidak dapat dijamah orang lain. Seperti misal kita punya permata seharga 5 milyar, maka orang yang punya permata harga semahal itu biasanya akan menyimpan baik-baik permatanya, kalau perlu disimpan di brankas yang sangat tebal lapisan besinya, dikasih kode password yang rumit, lokasi brankaspun tersembunyi dari orang lain, dan gedung penyimpanan sedapat mungkin ada tenaga pengamanan, semua itu dilakukan agar terjaga dari dijamah orang lain, atau mungkin juga menghindari pencurian.
Maka kalau ada orang yang punya permata seharga 5 milyar kemudian selalau dibawa kemana-mana, dia bawa ke jalan atau kepasar dan teriak-teriak kapada banyak orang, "Lihat saya punya permata seharga 5 milyar, ..lihat saya punya permata seharaga 5 milyar", dan seterusnya berteriak demikian sepanjang jalan pasti orang lain yang melihat tindakan orang itu berkata, " dasar orang bodoh", atau "dasar orang gila".
Seperti itulah seorang lelaki yang suka memamerkan istrinya kepada orang lain, yakni lelaki yang membiarkan istrinya terbuka auratnya dan dilihat banyak lelaki yang bukan mahram, lelaki yang bertindak bodoh, karena seorang lelaki harusnya menyimpan perhiasan/istrinya hanya untuk dirinya saja.
Wa'allahua'lam.
Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam,
الدُّنْيَا مَتَاعٌ وَخَيْرُ مَتَاعِهَا الْمَرْأَةُ الصَّالِحَةُ،
“Dunia adalah perhiasan dan sebaik-baik perhiasan dunia adalah wanita shalihah.”
(Hadits riwayat Muslim dari Abdullah ibnu Umar)

No comments:

Post a Comment