Sunday, November 20, 2016

Kemana kecintaan kita pada agama ini?


Taukah anda para imam madzhab seperti Imam Maliki, Imam Hanafi, Imam Syafii dan Imam Ahmad adalah puncak-puncak ilmu dalam dunia Islam, mereka penghafal sejuta hadist beserta sanadnya, lautan ilmu bagi manusia, sumber ilmu yang selamanya dijadikan rujukan. Padahal ketika dijaman mereka alat dan sarana prasarana sangat sederhana, mereka menulis dengan dengan bulu angsa dicelupkan ke tinta jika ingin menulis, dan mereka membaca kitab di bawah sinar pelita dari minyak hewan yang sangat redup cahayanya diwaktu malam. Jika mereka akan mengambil sebuah hadist dari seorang ulama maka mereka akan mengambilnya dengan perjalanan darat, dan itu dilakukan berminggu-minggu bahkan berbulan-bulan. Namun keadaan seperti itu tidak menghalangi mereka untuk menuntut ilmu, karena semangat dan perjuangan mereka mendapatkan ilmu didasari karena kecintaan kepada agama ini.
Namun lihat saat ini dengan semakin majunya jaman, semakin bertambahnya waktu makin sedikit orang yang berilmu, padahal saat ini ada sarana prasarana yang jauh sangat bagus, ada listrik yang menerangi kapanpun manusia ingin menggunakan nya, ada laptop dan komputer yang mampu menyimpan ratusan atau bahkan ribuan buku sekaligus, ada alat transportasi yang memudahkan orang pergi dari satu tempat ke tempat yang lain dengan cepat, ada internet yang menghubungkan manusia satu ke manusia yang lain di muka bumi yang berbeda jauh jaraknya dengan cepat dan banyak lagi kemudahan dijaman ini.
Yang hilang dari kita mungkin rasa cinta pada agama ini, mungkin telah terkikis syahwat dunia atau kita terlalu sibuk dengan asyiknya nikmat dunia.
Disadari atau tidak, kita tidak seperti para ulama besar ataupun para imam madzhab dalam mencintai agama ini.
Waallahua'lam.

No comments:

Post a Comment