Wednesday, November 23, 2016

Ciri orang bodoh adalah mudah menuduh.


Dikisahkan dari Ustadz Adi Hidayat Lc., beliau ketika memandu jamaah haji dari Indonesia pada th.2010. Pada saat setelah menerima rombongan jamaah seperti biasanya beliau mengajak para jamaah untuk shalat di Masjidil Haram, ketika masuk waktu Isya'. Setelah selesai shalat berjamaah Isya' merekapun kembali ke penginapan, dalam perjalanan pulang ke penginapan itu diantara jamaah nampak ada beberapa orang berdiskusi tentang imam shalat Isya' di Masjid Masjidil Haram barusan, "kok imamnya gak mengucapkan basmalah dulu waktu membaca Alfatihah?", kata seorang bapak, dan dijawab oleh orang disebelahnya, " mungkin imamnya orang Muhammadiyah ", beberapa orang membenarkan perkataan temannya, " iya, mungkin juga". Ustadz mendengar pembicaraan mereka cuma senyum2, maklum mungkin mereka awam dan tidak paham bahwa basmalah diucapkan sebelum Alfatihah hanya pendapat madzhab syafiiyah, karena madhzab syafiiyah memahami basmalah adalah termasuk ayat dalam surat Alfatihah, sementara tiga madhzab lainnya tidak menganggap basmalah bagian dari Surat Alfatihah.
Keesoknya ketika menjelang Shalat Subuh kembali rombongan menuju Masjid Masjidil Haram. Sepulangnya dari shalat subuh diantara jamaah ada yang bersuara keras dan didengar oleh Ustadz Adi Hidayat, " benar khan apa kata saya imamnya itu orang Muhammadiyah makanya waktu shalat subuh tadi kita tidak membaca qunut".
Ustadz hanya tersenyum mendengar perkataan salah satu jamaah rombongannya itu.
Padahal sejak jaman nabi dan para sahabat basmalah juga tidak disebut oleh imam shalat, demikian juga dalam membaca qunut, tidak setiap saat shalat subuh qunut dibaca oleh Nabi dan para sahabat.
Waallahua'lam.

No comments:

Post a Comment