Wednesday, July 3, 2019

BUAT BERBEDA DENGAN MEREKA SOAL AKHLAK


Oleh Siswo Kusyudhanto
Untuk kesekian kalinya akun saya hangus, sedih sebenarnya, namun sisi lainnya ada rasa bersyukur, mungkin Allah Ta'ala jadikan ini saatnya untuk bersabar dan bijak menanggapi keadaan seburuk apapun. Mungkin ini pengorbanan kecil dalam dakwah, dan juga perjalanan hidup.
Jadi ingat beberapa tahun yang lalu ketika beberapa akun dan fans page para ustadz pemateri kajian Sunnah di hack dan hangus selama-lamanya sampai hari ini oleh orang-orang yang tidak suka Dakwah Salafiyah berkembang di Indonesia.
Pada saat itu beberapa teman yang giat dalam berdakwah di sosial media sempat marah dan membuka chat room membahas usulan seorang teman untuk membentuk team IT berbasis Dakwah Salafiyah guna mengcounter kelompok orang yang diduga sering menghancurkan akun-akun Dakwah Salafiyah di sosial media. Saat itu sudah ada beberapa teman dari berbagai kota yang sudah ngaji Sunnah dan ahli dalam bidang IT bersedia ikut membantu.
Namun ketika saya tanyakan kepada seorang ustadz tentang hal ini jawabannya justru diluar dugaan saya, beliau mengatakan " kalau akun kalian dirusak orang kemudian kalian balas dengan perbuatan yang sama, lalu apa bedanya kalian dengan mereka soal akhlak?. Kalau perbuatan jahat mereka kalian balas dengan perbuatan jahat yang sama artinya kalian dan mereka sama-sama jahatnya, benar?
Saran saya kalau akun kalian dirusak orang ya sabar, jangan membalasnya, bikin lagi akun yang baru, dan jangan lelah menasehati mereka dan terus doakan, insyaallah yang demikian lebih baik untuk kita dan mereka.
Bikin akhlak kita lebih baik dari mereka."
Nasehat itu kemudian saya sampaikan kepada teman-teman di chat room kami dan semua memahami, dan akhirnya team IT Dakwah Salafiyah tidak pernah terbentuk hingga saat ini.
Semoga Allah Azza wa Jalla selalu memberikan kesabaran kepada kami, aamiin.
Allah Azza wa Jalla berfirman ;
"Dan tidaklah sama kebaikan dan kejahatan. Tolaklah (kejahatan itu) dengan cara yang lebih baik, maka tiba-tiba orang yang antaramu dan antara dia ada permusuhan seolah-olah telah menjadi teman yang sangat setia. Sifat-sifat yang baik itu tidak dianugerahkan melainkan kepada orang-orang yang sabar dan tidak dianugerahkan melainkan kepada orang-orang yang mempunyai keuntungan yang besar.” (QS. Fushilat: 34-35)

No comments:

Post a Comment