Thursday, June 21, 2018

Islam mengajarkan kasih sayang kepada manusia bahkan binatang.


Oleh Siswo Kusyudhanto
Ketika seorang ustadz mengkaji hadist dimana seorang wanita masuk neraka disebabkan karena perbuatan dia mengurung seekor kucing, selain itu dia tidak memberinya makan juga menyiksa si kucing. 
Hadist ini menunjukkan bahwa Islam sangat menjunjung tinggi kasih sayang kepada semua makhluk, bahkan dalam Islam hak binatang sangat terjaga, sehingga siapa saja yang merengut hak seekor binatang terancam dengan azab neraka.
Maka jika ada ajaran yang dengan menyatakan mudah merengut hak orang lain, bahkan mudah menumpahkan darah sesama manusia bahkan berstatus Muslim, mereka yakni para khawarij, tentu bukan berasal dari Islam. Waalahua'lam.
Dari Ibnu ‘Umar radhiyallahu’anhuma, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallambersabda, “Seorang perempuan disiksa gara-gara seekor kucing. Dia mengurung kucing itu sampai mati. Karena itulah dia masuk neraka. Perempuan itu tidak memberi makan dan minum kepadanya -tatkala dia kurung-. Dan dia pun tidak melepaskannya supaya bisa memakan serangga atau binatang tanah.” (HR. Bukhari dan Muslim)
Sumber referensi muslim.or.id

No comments:

Post a Comment