Friday, September 6, 2019

Semua sama saja ketika seseorang dalam kematian


Oleh Siswo Kusyudhanto
Kalau ikut ngurusi menyelenggarakan Jenazah seperti saat ini, ada seorang tetangga wafat, kok selalu kebayang dosa dan kejahatan saya di masa lalu, semoga Allah Azza wa Jalla mengampuni dosa dan kejahatan saya sebelumnya kematian menjemput, Aamiin.
Benar kata Ustadz, sebaik-baik nasehat adalah kematian, waalahua'lam.
Kalau sudah direbahkan disitu dan kemudian dimandikan itulah akhir kisah seseorang, saat itu juga ketika sama-sama mati sebenarnya sama saja kedudukan seseorang, mereka sehebat apapun ketika masih hidup juga tidak membawa apapun kecuali jasad yang sudah terbujur kaku.
Sama saja antara orang yang berlimpah harta dan orang yang sangat miskin.
Sama saja antara seseorang orang punya mobil mewah dengan yang punya sepeda onthel.
Sama saja antara seseorang bergelar profesor dengan lulusan SD persamaan.
Sama saja antara seseorang yang punya sepatu mahal dari butik dengan pemilik sandal jepit.
Sama saja antara pemilik sampan kecil dengan pemilik kapal pesiar yang mewah.
Sama saja antara seorang jendral dan seorang kopral.
Dan seterusnya.
Yang membedakan diantara mereka cuma amal ibadahnya saja selama di dunia, waalahua'lam.
Ibnu Sammak Muhammad bin Shubaih rahimahullah berkata,
هب الدنيا في يديك ، ومثلها ضم إليك ، وهب المشرق والمغرب يجيء إليك ، فإذا جاءك الموت ، فماذا في يديك
“Anggaplah dunia ada di genggaman tanganmu dan ditambahkan yang semisalnya. Anggaplah (perbendaharaan) timur dan barat datang kepadamu, akan tetapi jika kematian datang, apa gunanya yang ada di genggamanmu?” (Siyarul A’lam An-Nubala 8/330)
Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,
ﻳَﻘُﻮﻝُ ﺍﺑْﻦُ ﺁﺩَﻡَ ﻣَﺎﻟِﻰ ﻣَﺎﻟِﻰ – ﻗَﺎﻝَ – ﻭَﻫَﻞْ ﻟَﻚَ ﻳَﺎ ﺍﺑْﻦَ ﺁﺩَﻡَ ﻣِﻦْ ﻣَﺎﻟِﻚَ ﺇِﻻَّ ﻣَﺎ ﺃَﻛَﻠْﺖَ ﻓَﺄَﻓْﻨَﻴْﺖَ ﺃَﻭْ ﻟَﺒِﺴْﺖَ ﻓَﺄَﺑْﻠَﻴْﺖَ ﺃَﻭْ ﺗَﺼَﺪَّﻗْﺖَ ﻓَﺄَﻣْﻀَﻴْﺖَ
“Manusia berkata, “Hartaku-hartaku.” Beliau bersabda, “Wahai manusia, apakah benar engkau memiliki harta? Bukankah yang engkau makan akan lenyap begitu saja? Bukankah pakaian yang engkau kenakan juga akan usang? Bukankah yang engkau sedekahkan akan berlalu begitu saja? ” (HR. Muslim no. 2958)
Riwayat yang lain,
ﻳَﻘُﻮﻝُ ﺍﻟْﻌَﺒْﺪُ ﻣَﺎﻟِﻰ ﻣَﺎﻟِﻰ ﺇِﻧَّﻤَﺎ ﻟَﻪُ ﻣِﻦْ ﻣَﺎﻟِﻪِ ﺛَﻼَﺙٌ ﻣَﺎ ﺃَﻛَﻞَ ﻓَﺄَﻓْﻨَﻰ ﺃَﻭْ ﻟَﺒِﺲَ ﻓَﺄَﺑْﻠَﻰ ﺃَﻭْ ﺃَﻋْﻄَﻰ ﻓَﺎﻗْﺘَﻨَﻰ ﻭَﻣَﺎ ﺳِﻮَﻯ ﺫَﻟِﻚَ ﻓَﻬُﻮَ ﺫَﺍﻫِﺐٌ ﻭَﺗَﺎﺭِﻛُﻪُ ﻟِﻠﻨَّﺎﺱِ
“Hamba berkata, “Harta-hartaku.” Bukankah hartanya itu hanyalah tiga: yang ia makan dan akan sirna, yang ia kenakan dan akan usang, yang ia beri yang sebenarnya harta yang ia kumpulkan. Harta selain itu akan sirna dan diberi pada orang-orang yang ia tinggalkan. ” (HR. Muslim no. 2959)
Sumber Referensi,"Menggemgam Dunia ketika mati hanya membawa Kafan", karya Ustadz Raehanul Bahraen, di web Muslim.or

No comments:

Post a Comment