Thursday, August 15, 2019

YAKIN SUDAH SAYANG ORANG TUA?


Oleh Siswo Kusyudhanto
Di beranda tiba-tiba lewat posting seseorang, bunyinya "sayang ibu ketik yes", SubhanaAllah, bagus sih, cuma sayang kepada orang tua tidak sesederhana menulis tulisan "yes", konsekuensi sayang kepada orang tua tidak sesederhana itu.
Dalam sebuah kajian seorang ustadz menyebutkan, " Jika ada orang tua sedang memakan makanan yang sangat lezat, maka dia akan ingat anaknya yang tidak bersamanya, dia sangat ingin menikmati kelezatan makanan itu bersama anaknya, hal ini didorong oleh rasa sayang orang tua kepada si anak.
Sebaliknya jika ada seorang anak menikmati makanan lezat yang jauh dari orang tua nya, maka dalam angan-angan nya sangat sulit ketika itu untuk ingat orang tuanya dan mustahil dia berkeinginan menikmati makanan lezat itu bersama orang tua nya.
Hal ini sudah menunjukkan bahwa sehebat apapun seorang anak sayang kepada orang tuanya, tidak akan melebihi rasa kasih sayang orang tuanya kepadanya.
Oleh karena itu dalam agama Islam diperintahkan seorang anak berbakti kepada orang tuanya, hal ini disebabkan banyak anak lupa untuk sayang kepada orang tuanya.
Waallahua'lam."
Allah Ta’ala berfirman:
وَقَضَىٰ رَبُّكَ أَلَّا تَعْبُدُوا إِلَّا إِيَّاهُ وَبِالْوَالِدَيْنِ إِحْسَانًا ۚ إِمَّا يَبْلُغَنَّ عِنْدَكَ الْكِبَرَ أَحَدُهُمَا أَوْ كِلَاهُمَا فَلَا تَقُلْ لَهُمَا أُفٍّ وَلَا تَنْهَرْهُمَا وَقُلْ لَهُمَا قَوْلًا كَرِيمًا وَاخْفِضْ لَهُمَا جَنَاحَ الذُّلِّ مِنَ الرَّحْمَةِ وَقُلْ رَبِّ ارْحَمْهُمَا كَمَا رَبَّيَانِي صَغِيرًا
“Dan Rabb-mu telah memerintahkan agar kamu jangan beribadah melainkan hanya kepada-Nya dan hendaklah berbuat baik kepada ibu-bapak. Jika salah seorang di antara keduanya atau kedua-duanya sampai berusia lanjut dalam pemeliharaanmu, maka sekali-kali janganlah engkau mengatakan kepada keduanya perkataan “ah” dan janganlah engkau membentak keduanya, dan ucapkanlah kepada keduanya perkataan yang baik. Dan rendahkanlah dirimu terhadap keduanya dengan penuh kasih sayang dan ucapkanlah, ‘Ya Rabb-ku, sayangilah keduanya sebagaimana mereka berdua telah mendidik aku pada waktu kecil.’” [Al-Israa’ : 23-24]

No comments:

Post a Comment