Saturday, August 17, 2019

PELAKSANA DARI NASEHAT DIRI SENDIRI


Oleh Siswo Kusyudhanto
Malam ini dalam kajian Ustadz Ahmad Doni, ada kata yang membuat berfikir dalam jauh kedalam angan, seperti dijewer keras, atau bergema beraduk aduk dalam hati, yakni kata-kata beliau yang menyebutkan, " Para sahabat nabi adalah pelaksana dari nasehat diri mereka sendiri", maklum dijaman ini banyak orang mampu memberikan nasehat namun sangat sedikit dari yang menasehati mampu melaksanakannya, mungkin termasuk saya yang sering memposting nasehat yang saya ambil dari materi kajian para ustadz pemateri kajian Sunnah, dan posting itu di share dibanyak link sosial media dan web.
Jadi teringat kajian ustadz lain yang membahas tentang ancaman Allah Azza wa Jalla, yakni Allah Azza wa Jalla sangat membenci orang yang menyampaikan nasehat kepada orang lain, tapi dia tidak mau melaksanakan nasehatnya itu, mungkin yang masuk dalam ancaman ini termasuk saya, semoga saya termasuk mampu melaksanakan apa yang saya share selama ini, aamiin.
Allah Ta’ala berfirman:
أَتَأْمُرُونَ النَّاسَ بِالْبِرِّ وَتَنْسَوْنَ أَنْفُسَكُمْ وَأَنْتُمْ تَتْلُونَ الْكِتَابَ أَفَلَا تَعْقِلُونَ
“Mengapa kamu suruh orang lain (mengerjakan) kebajikan, sedang kamu melupakan diri (kewajiban) mu sendiri, padahal kamu membaca Al Kitab (Taurat)? Maka tidakkah kamu berpikir?” (QS. Al Baqarah: 44)
Allah Ta’ala juga berfirman :
يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا لِمَ تَقُولُونَ مَا لَا تَفْعَلُونَ كَبُرَ مَقْتًا عِنْدَ اللَّهِ أَنْ تَقُولُوا مَا لَا تَفْعَلُونَ
“Wahai orang-orang yang beriman! Mengapa kamu mengatakan sesuatu yang tidak kamu kerjakan. Hal (itu) sangatlah dibenci di sisi Allah jika kamu mengatakan apa-apa yang tidak kamu kerjakan.” (QS. Ash-Shaff: 2-3)
Sumber Referensi muslim.or

No comments:

Post a Comment