Wednesday, August 21, 2019

TAWAKAL KITA SAMPAI MANA ?


Oleh Siswo Kusyudhanto
Beberapa hari yang lalu beberapa group WA jama'ah Kajian Sunnah Pekanbaru dihebohkan dengan postingan seorang ustadz muda yang baru berkunjung ke Pondok Pesantren Al Markiz Lipat Kain, beliau memposting kekagetannya akan kondisi para santri yang jumlahnya ratusan orang disana yang belum juga makan sesuap nasi padahal waktu sudah menjelang siang.
Maklum pondok pesantren ini diperuntukkan bagi para santri kalangan tidak mampu, sehingga mereka tidak dipungut biaya selama belajar disini, baik biaya makan dan biaya pendidikan, alias gratis. Sehingga segala kebutuhan operasional pondok pesantren ini termasuk urusan makan sangat bergantung kepada para donatur, maka ketika ada keterlambatan donatur menyumbang tentu Stock makanan jadi sangat minim untuk mereka.
Dan Alhamdulillah hal ini segera diklarifikasi oleh pimpinan pondok yakni Ustadz Firdaus Ba'asyir, dalam rekaman suara itu intinya memaklumi apa yang di-posting oleh yang bersangkutan dan menyakinkan bahwa tidak pernah terjadi dalam sehari para santri di pondok pesantren ini tidak makan, insyaallah selalu ada Rizki untuk mereka.
Ada kata-kata beliau yang menurut saya senilai emas, yakni " Jangan menggantungkan dakwah ini kepada seseorang, atau sesuatu, gantungkan dakwah ini kepada Allah Azza wa Jalla, yakinlah bahwa setiap santri membawa rizki tersendiri".
Mendengar ini tiba-tiba merasa sikap tawakal saya selama ini serasa di level kaleng-kaleng, maklum saya hanya bertawakal untuk mencukupi kebutuhan anak dan istri saja, dan merasa sudah cukup tawakal, sementara Ustadz Firdaus Ba'asyir beliau bertanggung jawab kepada ratusan orang yang beragam latar belakangnya, mulai balita, anak-anak, remaja, janda dan lansia yang tinggal di pondok pesantren Al Markiz Lipat Kain.
Semoga sikap tawakal beliau akan rizki pemberian Allah Azza wa Jalla menjadi teladan bagi kita semua, aamiin.
Allah Azza wa Jalla berfirman ;
{وَمَنْ يَتَّقِ اللَّهَ يَجْعَلْ لَهُ مَخْرَجًا. وَيَرْزُقْهُ مِنْ حَيْثُ لَا يَحْتَسِبُ، وَمَنْ يَتَوَكَّلْ عَلَى اللَّهِ فَهُوَ حَسْبُهُ}
“Barangsiapa yang bertakwa kepada Allah niscaya Dia akan memberikan baginya jalan ke luar (bagi semua urusannya). Dan memberinya rezki dari arah yang tidada disangka-sangkanya. Dan barangsiapa yang bertawakal kepada Allah niscaya Allah akan mencukupkan (segala keperluan)nya” (QS ath-Thalaaq:2-3).

No comments:

Post a Comment