Thursday, August 10, 2017

Kita jadi tau mana yang baik dan benar


Melihat peristiwa demo pembangunan Masjid di Bogor beberapa hari yang lalu jadi ingat peristiwa yang hampir mirip yakni pembubaran kajian Ustadz Khalid Basalamah di Sidoarjo, berkat pembubaran kajian ini nama beliau tiba-tiba saja meroket, dukungan datang dari berbagai arah, bahkan yang semula tidak tau siapa Ustadz Khalid Basalamah jadi mengetahui karena mencari tau siapa dan kenapa peristiwa itu dapat terjadi.
Setelah kejadian pembubaran kajian di Sidoarjo itu beberapa hari kemudian Ustadz Khalid Basalamah mengisi kajian di Jakarta dan ada seorang jama'ah bertanya,"ustadz gak apa-apa? Dengan peristiwa kemarin?", Dengan tenang beliau mengatakan, " ya gak apa-apa, itu biasa dalam perjuangan dakwah, pulang dari sana kembali ke Jakarta kemudian bertemu sanak saudara dan kembali berkumpul dengan keluarga seperti tidak terjadi apa-apa. Ini latihan buat kita bersabar, mungkin yang mendemo saya belum sampai ilmu kepada mereka sehingga membuat mereka demikian, andai saat itu saya gerakkan ribuan orang ditempat itu untuk bergerak menyerang mungkin sudah langsung selesai karena yang mendemo didepan masjid itu cuma paling 40-50 orang. Tapi masalahnya mereka adalah saudara kita, mereka juga bersyahadat sama dengan kita, memalukan bagi kita jika terjadi bentrok diantara kedua massa, kalau yang demo itu orang Yahudi pasti saya minta jamaah yang ada ditempat itu untuk bubarin, karena saat itu jama'ah yang hadir sudah emosi dan mereka sudah meneriakkan takbir. Ya jadikan kejadian ini sarana untuk menguji kesabaran, maka menghadapi mereka kita harus bersikap lebih baik, dan orang akan tau mana yang mana yang buruk dan yang mampu bersikap baik dari cara kita menyikapinya, misal ada orang yang marah-marah dan yang dimarahi cuma diam, tenang dan mendengarkan, dari jauh saja kita dapat menilai mana orang yang bijak dan dewasa dalam menyikapi permasalahan."
Ternyata dibalik peristiwa seperti ini menyimpan hikmah yang luar biasa besarnya, dampaknya luas, hal yang buruk jika menyikapinya dengan baik akan mendatangkan kekuatan yang besar dan positif, karena kita bersikap positif, dan mungkin sebaliknya jika menyikapi dengan cara negatif akan mendatangkan keburukan/negatif.
Semoga mampu mengambil hikmah dari peristiwa yang terjadi disekitar kita, sebagai sarana bagi kita belajar untuk mengamalkan ilmu yang pernah kita pelajari, aamiin.
By Siswo Kusyudhanto

No comments:

Post a Comment