Sunday, October 27, 2019

NASEHAT EMAS KETIKA MERASA DIZALIMI


Oleh Siswo Kusyudhanto
Ada nasehat yang sangat mencerahkan dan menyegarkan dari seorang teman yang saya perlukan ketika kita merasa dizalimi, atau mungkin merasa dikhianati dan dikecewakan seseorang, dia berkata, " Bagi kita yang sudah ngaji lama, dan tau bahwa setiap perbuatan ada hisabnya, maka ketika kita dizalimi yakinkan bahwa pelakunya akan menghadapi hisab kelak, dan dia harus mempertanggung jawabkan kelak saat hisab, jadi kenapa kita harus kecewa dan sedih?, tidak ada alasan bagi kita untuk kecewa dan sedih, kita akan menghadapi hisab atas perbuatan kita demikian juga dengan dia, yang dapat kita lakukan adalah berusaha bersabar dan berdoa agar dikuatkan menghadapi hal-hal buruk yang menimpa kita, bukankah sabar adalah salah satu tiket ke surga?".
MasyaAllah nasehat senilai emas, jazakallahu khairan.
Allah Subhanahu wa Ta’ala memang menulis semua amalan hambaNya, yang baik maupun yang buruk, sebagaimana firmanNya:
فَمَنْ يَعْمَلْ مِثْقَالَ ذَرَّةٍ خَيْرًا يَرَهُ﴿٧﴾وَمَنْ يَعْمَلْ مِثْقَالَ ذَرَّةٍ شَرًّا يَرَهُ
Barangsiapa yang mengerjakan kebaikan seberat dzarrahpun, niscaya dia akan melihat (balasan)nya. Dan barangsiapa yang mengerjakan kejahatan seberat dzarrahpun, niscaya dia akan melihat (balasan)nya pula. [al Zalzalah / 99:7-8].
يَوْمَ يَبْعَثُهُمُ اللَّهُ جَمِيعًا فَيُنَبِّئُهُمْ بِمَا عَمِلُوا ۚ أَحْصَاهُ اللَّهُ وَنَسُوهُ ۚ وَاللَّهُ عَلَىٰ كُلِّ شَيْءٍ شَهِيدٌ
Pada hari ketika mereka dibangkitkan Allah semuanya, lalu diberitakanNya kepada mereka apa yang telah mereka kerjakan. Allah mengumpulkan (mencatat) amal perbuatan itu, padahal mereka telah melupakannya. Dan Allah Maha Menyaksikan segala sesuatu. [al Mujaadilah / 58 : 6].
Sehingga seluruh pelaku perbuatan melihat amalannya dan tidak dapat mengingkarinya, karena bumi menceritakan semua amalan mereka. Begitu pula seluruh anggota tubuh pun berbicara tentang perbuatan yang telah ia lakukan. Dijelaskan dalam firman Allah Subhanahu wa Ta’ala :
إِذَا زُلْزِلَتِ الْأَرْضُ زِلْزَالَهَا﴿١﴾وَأَخْرَجَتِ الْأَرْضُ أَثْقَالَهَا﴿٢﴾وَقَالَ الْإِنْسَانُ مَا لَهَا
Apabila bumi digoncangkan dengan goncangannya (yang dahsyat), dan bumi telah mengeluarkan beban-beban berat (yang dikandung)nya, dan manusia bertanya: “Mengapa bumi (jadi begini),” pada hari itu bumi menceritakan beritanya, [al Zalzalah / 99 : 1-4].
الْيَوْمَ نَخْتِمُ عَلَىٰ أَفْوَاهِهِمْ وَتُكَلِّمُنَا أَيْدِيهِمْ وَتَشْهَدُ أَرْجُلُهُمْ بِمَا كَانُوا يَكْسِبُونَ
Pada hari ini Kami tutup mulut mereka; dan berkatalah kepada Kami tangan mereka dan memberi kesaksian kaki mereka terhadap apa yang dahulu mereka usahakan. [Yaasin / 36:65]
Sumber Referensi "Hisab pada hari pembalasan" karya Oleh
Ustadz Abu Asma Kholid Syamhudi Lc di almanhaj.or

No comments:

Post a Comment