Sunday, October 27, 2019

Kenapa sakit membuat seseorang makin dekat kepada Allah Azza wa Jalla ?


Oleh Siswo Kusyudhanto
Beberapa hari yang lalu sempat masuk angin berat, sampai tidak kuat berdiri, akhirnya tergolek diatas pembaringan, penyebabnya mungkin kecapekan disertai lupa makan, ditambah kehujanan ketika mengantar paket pesanan buku teman juga mengantar beberapa kotak Mushaf Al-Qur'an ke ekspedisi untuk kelas-kelas bacaan Al-Qur'an dibeberapa masjid disejumlah daerah, ini harus saya antar meskipun hujan karena ditunggu banyak orang, kalau terlambat tentu kelas bacaan Al-Qur'an akan terlambat juga untuk dilaksanakan.
Saat sakit seperti itu jadi banyak mengingat Allah Azza wa Jalla, Alhamdulillah, benar nasehat seorang ustadz ketika membahas sebuah hadits bahwa sakit membersihkan dosa seseorang, karena dalam keadaan sakit seseorang sehebat apapun akan turun kesombongan yang ada pada dirinya, ini disebabkan karena orang yang sedang sakit merasa dalam keadaan paling lemah, dan pada saat seperti itu dia sangat membutuhkan pertolongan dzat yang jauh lebih kuat darinya yakni Tuhannya, Allah Azza wa Jalla.
Ini adalah alasan kenapa orang yang sedang sakit sering berdoa dan minta didoakan kesembuhan kepada orang lain.
Waallahua'lam.
Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,”Tidaklah menimpa seorang mukmin rasa sakit yang terus menerus, kepayahan, penyakit, dan juga kesedihan, bahkan sampai kesusahan yang menyusahkannya, melainkan akan dihapuskan dengannya dosa-dosanya. (HR. Muslim)
Sakit juga akan Membawa Keselamatan dari api neraka
Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda yang artinya,” Janganlah kamu mencaci maki penyakit demam, karena sesungguhnya (dengan penyakit itu) Allah akan mengahapuskan dosa-dosa anak Adam sebagaimana tungku api menghilangkan kotoran-kotoran besi. (HR. Muslim)
Sumber Referensi "Rahasia dibalik Sakit", karya Abu Hasan ST. Di web Muslim.or

No comments:

Post a Comment