Thursday, March 19, 2020

PESAN ORANG TUA YANG ORIENTASINYA AKHIRAT


Oleh Siswo Kusyudhanto
Dalam sebuah kajian seorang ustadz mengatakan, " Banyak orang tua ketika anaknya sedang sekolah atau kuliah di lain kota pesannya hampir sama, kebanyakan mereka menasehati anaknya seperti ini, "Nak belajar yang giat, raih prestasi setinggi-tinginya, raih nilai yang bagus, bikin bangga orang tuamu, jangan bikin kecewa, kami orang tua sudah bersusah payah agar engkau punya masa depan yang bagus, dan jangan lupa sholat."
Nasehat orang tua seperti ini menunjukkan dalam hati mereka masih dipenuhi kepentingan dunia, karena setelah menyebutkan orientasi-orientasi dunia baru soal akhirat(sholat) asal jangan lupa.
Kenapa soal dunia demikian begitu penting dan soal akhirat asal jangan lupa?.
Harusnya ketika orang tua punya orientasi dihati mereka adalah akhirat dan dunia asal jangan lupa seperti ini:
Nak kami ingin dirimu selalu hadir di masjid ketika shalat fardhu berjamaah di masjid terdekat.
Kami akan memberikan motor kepadamu asal syaratnya motor itu minimal satu atau dua kali seminggu parkir ditempat kajian agama.
Nak ingat selalu bahwa akhiratmu adalah segalanya, perjuangkan sekuat tenaga dalam meraihnya.
Dan Jangan lupa belajar yang giat untuk meraih prestasi.
Adapun orang yang mendahulukan kenikmatan dunia, maka ia akan diberikan bagiannya di dunia ini, akan tetapi di akhirat ia tidak akan mendapatkan bagian apa-apa.
مَنْ كَانَ يُرِيدُ الْحَيَاةَ الدُّنْيَا وَزِينَتَهَا نُوَفِّ إِلَيْهِمْ أَعْمَالَهُمْ فِيهَا وَهُمْ فِيهَا لَا يُبْخَسُونَ أُولَٰئِكَ الَّذِينَ لَيْسَ لَهُمْ فِي الْآخِرَةِ إِلَّا النَّارُ ۖ وَحَبِطَ مَا صَنَعُوا فِيهَا وَبَاطِلٌ مَا كَانُوا يَعْمَلُونَ
Barang siapa menghendaki kehidupan dunia dan perhiasannya, niscaya kami berikan kepada mereka balasan pekerjaan mereka di dunia dengan sempurna dan mereka di dunia itu tidak akan dirugikan. Itulah orang-orang yang tidak memperoleh di akhirat kecuali neraka dan di akhirat lenyaplah semua yang telah mereka usahakan di dunia, dan sia-sialah apa yang telah mereka kerjakan. [Hûd/11:15-16].
Sumber Referensi "Kehidupan yang Hakiki", almanhaj.or
Teman-teman juga dapat melihat postingan ini di Instagram saya di
https://www.instagram.com/p/B96DVjiBL_m/?igshid=llxj15codfdx
Semoga bermanfaat.

No comments:

Post a Comment