Monday, June 17, 2019

MEREKA DILAKNAT BUKAN KARENA BODOH, MEREKA DILAKNAT KARENA SOMBONG


Oleh Siswo Kusyudhanto
Dalam sebuah kajian seorang ustadz menasehati tentang pentingnya memahami dan menyakini bahwa apa yang kita punya seperti harta dan jabatan bukan semata-mata karena usaha kita, namun semuanya adalah karena Allah Ta'ala telah memberikan kemudahan untuk mendapatkan yang kita miliki itu, pahami dan selalu ingat hal ini agar kita dijauhkkan dari sifat sombong.
Ketahulah sifat sombong ini yang membuat seseorang sulit memahami Al-Qur'an dan Hadits yang telah disampaikan oleh Allah dan RasulNya, hal ini yang membuat apa-apa yang telah disampaikan oleh Allah dan RasulNya diingkari, lihat dalam kisah yang disebutkan dalam Al-Qur'an bagaimana Firaun, Qorun atau Abu Lahab mereka dilaknat oleh Allah Ta'ala bukan disebabkan karena mereka bodoh, justru sebaliknya orang-orang itu sangatlah cerdas jika dibandingkan kebanyakan orang, namun karena sifat yang sangat sombong pada diri mereka yakni ingkar kepada apa yang diperintahkan Allah dan RasulNya membuat mereka dilaknat oleh Allah Ta'ala, waallahua'lam.
Allah Ta’ala berfirman,
إِنَّهُ لَا يُحِبُّ الْمُسْتَكْبِرِينَ
“Sesungguhnya Dia tidak menyukai orang-orang yang menyombongkan diri.” (QS. An Nahl: 23)
Haritsah bin Wahb Al Khuzai’i berkata bahwa ia mendengar Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,
أَلَا أُخْبِرُكُمْ بِأَهْلِ النَّارِ قَالُوا بَلَى قَالَ كُلُّ عُتُلٍّ جَوَّاظٍ مُسْتَكْبِرٍ
“Maukah kamu aku beritahu tentang penduduk neraka? Mereka semua adalah orang-orang keras lagi kasar, tamak lagi rakus, dan takabbur(sombong).“ (HR. Bukhari no. 4918 dan Muslim no. 2853).
Sumber Referensi "Jauhi sifat Sombong", karya Ustadz Muhammad Abduh Tausikal dalam web muslim.or

No comments:

Post a Comment