Friday, April 17, 2020

Semua perbuatan dosa ada di Indonesia




Oleh Siswo Kusyudhanto
Dalam sebuah kajian jauh sebelum wabah Covid 19 menimpa negri ini seorang ustadz menyebutkan, "Harusnya kita kuatir akan adzab Allah Azza wa Jalla menimpa negri ini, coba saja kita lihat perbuatan dosa apa yang tidak ada di Indonesia?, Semuanya ada, dan itu semua perbuatan dosa yang mendatangkan adzab bagi kaum-kaum terdahulu, dan disampaikan sebagai peringatan oleh Allah Azza wa Jalla juga RasulNya.
Sebut saja mulai riba, zina, musik, gay, lesbian, membunuh, merampok, narkoba, bid'ah, syirik, mengurangi timbangan, korupsi, menipu, berbohong, merubah kuitansi dan jutaan perbuatan dosa semuanya ada di negri ini.
Harusnya kita kuatir akan adzab Allah Azza wa Jalla atas perbuatan-perbuatan dosa itu.
Semoga kita selamat dari adzab Allah Azza wa Jalla ketika itu datang, Aamiin."
Allah Ta’ala. Allah Ta’ala berfirman :
وَما أَصابَكُمْ مِنْ مُصِيبَةٍ فَبِما كَسَبَتْ أَيْدِيكُمْ وَيَعْفُوا عَنْ كَثِيرٍ
“Dan segala musibah yang menimpa kalian adalah disebabkan oleh perbuatan tangan kalian. Dan Allah memaafkan banyak (dari kesalahan kalian)” (QS. Asy-Syuuraa: 30).
Ibnu Katsiir rahimahullah menjelaskan,
وقوله وما أصابكم من مصيبة فبما كسبت أيديكم أي مهما أصابكم أيها الناس من المصائب فإنما هو عن سيئات تقدمت لكم ويعفو عن كثير أي من السيئات ، فلا يجازيكم عليها بل يعفو عنها، ولو يؤاخذ الله الناس بما كسبوا ما ترك على ظهرها من دابة
“Dan firman-Nya (yang artinya) dan segala musibah yang menimpa kalian adalah disebabkan oleh perbuatan tangan kalian maksudnya wahai manusia! musibah apapun yang menimpa kalian, semata-mata karena keburukan (dosa) yang kalian lakukan. “Dan Allah memaafkan banyak (dari kesalahan kalian)” maksudnya adalah memaafkan dosa-dosa kalian, maka Dia tidak membalasnya dengan siksaan, bahkan memaafkannya. Dan kalau sekiranya Allah menyiksa manusia disebabkan perbuatannya, niscaya Dia tidak akan meninggalkan di atas permukaan bumi suatu mahluk yang melatapun (Faathir: 45) (Tafsir Ibnu Katsiir: 4/404).
Sumber Referensi "Musibah adalah karena dosa kita", karya Ustadz Sa'id Abu Ukasyah di web Muslim.or
Postingan ini dapat teman-teman ikuti juga di Instagram saya di
https://www.instagram.com/p/B-3mD77B_pH/?igshid=25w1ns5gn0pi
Semoga bermanfaat.

No comments:

Post a Comment