Saturday, January 11, 2020

TIDAK ADA SUNNAHNYA MENGUCAPKAN USHOLLI SEBELUM SHALAT


Oleh Siswo Kusyudhanto
Beberapa waktu yang lalu saya shalat di sebuah masjid, sebelah saya ada seseorang yang baru datang dan memulai shalat dengan ucapan "Usholli fardho .." setelah itu mengangkat tangan takbir, mungkin menurut dia kurang pas ucapan dan takbirnya, dia ulangi lagi "Usholli fardho.."kemudian mengangkat tangan takbir, dan rupanya masih juga kurang pas di hati mungkin nurut dia sampai yang ketiga mengucapkan "Usholli fardho.." dan takbir, dan Alhamdulillah rupanya sudah pas, karena tidak mengulangi lagi untuk ke empat kali.
Teringat kajian seorang ustadz soal ini, kata beliau, sejauh kami pelajari soal fikih shalat dari para Masyayikh di Kota Madinah, belum ketemu satupun hadits dhaif atau maudhu' tentang melafadzkan niat sebelum shalat, yang ada dalam sebuah hadits dimana dijelaskan para sahabat nabi melihat Nabi Muhammad Shalallahu alaihi wa Sallam setiap shalat langsung takbir dan memulai shalatnya. Dan dalam hadits lain disebutkan bahwa dalam menegakkan shalat wajib mengikuti apa yang dicontohkan oleh Nabi Muhammad Shalallahu alaihi wa Sallam, "Shalatlah sebagaimana kalian melihatku shalat", waalahua'lam.
Ibnul Qayyim berkata: “Rasulullah Shallallahu’alaihi Wasallam biasanya ketika memulai shalat beliau mengucapkan الله أكبر dan tidak mengucapkan apa-apa sebelumnya. Beliau juga tidak pernah sama sekali melafalkan niat. Beliau tidak pernah mengucapkan ushallli lillah shalata kadza mustaqbilal qiblah arba’a raka’atin imaaman atau ma’muuman (saya meniatkan shalat ini untuk Allah, menghadap qiblat, empat raka’at, sebagai imam atau sebagai makmum). Beliau juga tidak pernah mengucapkan ada-an atau qadha-an juga tidak mengucapkan fardhal waqti. Ini semua adalah bid’ah. Dan sama sekali tidak ada satu pun riwayat yang memuat ucapan demikian, baik riwayat yang shahih, maupun yang dhaif, musnad, ataupun mursal.
Dan Nabi Shallallahu’alaihi Wasallam bersabda:
صلوا كما رأيتموني أصلي
“Shalatlah sebagaimana kalian melihatku shalat” (HR. Bukhari 631, 5615, 6008)
Dari ‘Aisyah Radhiallahu’anha, ia berkata:
كان رسول الله – صلى الله عليه وسلم – يستفتح الصَّلاة بالتّكبير
“Biasanya Rasulullah Shallallahu’alaihi Wasallam memulai shalatnya dengan takbir” (HR. Muslim, no.498)
Dari Abdullah bin Umar Radhiallahu’anhuma ia berkata:
رأيت النَّبيَّ – صلى الله عليه وسلم – افتتح التكبير في الصلاة، فرفع يديه
“Aku melihat Nabi Shallallahu’alahi Wasallam memulai shalatnya dengan takbir, lalu mengangkat kedua tangannya” (HR. Bukhari no.738)
Sumber Referensi "Polemik Pelafadzan Niat', karya Ustadz Yulian Purnama di muslim.or

No comments:

Post a Comment