Sunday, January 26, 2020

Dokter juga ikut berdakwah


Oleh Siswo Kusyudhanto
Saya punya seorang teman Dokter yang bertugas di Rumah Sakit Daerah Bacan Halmahera Selatan Maluku Utara, selama bertugas beliau selalu membawa buku-buku seukuran saku berbasis agama, seperti sifat shalat nabi, dzikir pagi petang, Tauhid, dan banyak lagi.
Buku-buku yang kecil dan ringan dibaca siapa saja itu beliau taruh di ruang perawatan pasien, sehingga baik pasien dan keluarga pasien dapat membacanya.
Dengan demikian tanpa terasa baik pasien dan keluarga yang berkunjung mendapatkan manfaat dari buku-buku tersebut.
Ujungnya para pasien dan keluarganya mendapatkan ilmu agama guna untuk diamalkan.
Pelajaran dari kisah ini adalah bahwa cara mendistribusikan ilmu agama tidak harus diatas mimbar, setiap orang punya kesempatan berdakwah sesuai kemampuan yang dimilikinya.
Semoga apa yang dilakukan oleh teman saya itu dapat menjadi oase ilmu yang menyejukkan, dan meneguhkan Islam di tanah Bacan Halmahera Selatan Maluku Utara yang dikenal banyak terjadi pemurtadan, Aamiin.
Allah Azza wa Jalla berfirman ;
اقْرَأْ بِاسْمِ رَبِّكَ الَّذِي خَلَقَ . خَلَقَ الإِنسَانَ مِنْ عَلَقٍ . اقْرَأْ وَرَبُّكَ اْلأَكْرَمُ . الَّذِي عَلَّمَ ابِالْقَلَمِ . عَلَّمَ اْلإِنسَانَ مَالَمْ يَعْلَمْ
Bacalah dengan (menyebut) nama Rabbmu Yang menciptakan, Dia telah menciptakan manusia dari segumpal darah. Bacalah, dan Rabbmulah Yang Paling Pemurah, Yang mengajar (manusia) dengan perantaraan kalam. Yang mengajar (manusia) dengan perantaraan kalam. [Al Alaq/96:1-5)

No comments:

Post a Comment